CPNS 2021

Peserta CPNS 2021 yang Sudah Dapat NIP Bila Terbukti Curang Akan Didiskualifikasi, Imbas SKD Curang

Sebanyak 225 peserta seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil (SKD CPNS) didiskualifikasi karena terbukti melakukan kecurangan.

Editor: Siemen Martin
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Ilustrasi tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 

TRIBUNSUMSEL.COM - Peserta CPNS 2021 yang berbuat curang dipastikan didiskualifikasi.

Sebanyak 225 peserta seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil (SKD CPNS) didiskualifikasi karena terbukti melakukan kecurangan.

Penelusuran tindak kecurangan dalam ujian SKD CPNS tahun ini masih terus berlangsung di tengah pelaksanaan rangkaian seleksi CASN yang masih berjalan ke tahapan selanjutnya.

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengatakan, peserta SKD CPNS yang terbukti curang telah diputuskan untuk didiskualifikasi.

Adapun daftar peserta yang diduskualifikasi, lanjut dia, diumumkan melalui laman instansi masing-masing.

"Daftar nama-nama peserta tersebut diumumkan lewat masing-masing instansi melalui pengumuman hasil SKD, peserta curang diberi tanda DIS (diskualifikasi) di kolom pengumumannya," ujar Satya kepada Kompas.com, Kamis (25/11/2021). 

Ia mengatakan, BKN bersama Badan Siber Sandi Negara (BSSN) masih terus melakukan audit forensik dan audit trail untuk seluruh titik lokasi (tilok).

Dari hasil sementara, ditemukan indikasi kecurangan dengan modus remote access.

Satya menyebutkan, angka temuan memungkinkan untuk bertambah karena proses penyidikan masih terus berjalan di tengah tahapan seleksi yang masih berlangsung.

Menurut dia, jika kembali ditemukan peserta yang terbukti curang walaupun telah dinyatakan lolos dan mendapatkan nomor induk kepegawaian (NIP), yang bersangkutan tetap akan didiskualifikasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved