Breaking News:

Advertorial

IBS, Inovasi Marketplace Bagi Pelaku UKM, Koperasi, dan Destinasi Wisata di Sumsel

IBS, Inovasi Marketplace Bagi Pelaku UKM, Koperasi, dan Destinasi Wisata di Sumsel

Editor: Siemen Martin
ist
Aplikasi IBS ini merupakan rintisan Dinas Koperasi dan UKM Prov. Sumsel sebagai solusi peningkatan omset dan pembinaan UKM dan Koperasi Sumsel serta mempromosikan produk-produk/ikonik Sumsel. 

TRIBUNSUMSEL.COM -  Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Sumsel bersama dengan Periset dari Politeknik dan STMIK Palcomtech.

Periset diketuai oleh Dr. Febrianty, S.E., M.Si. dengan anggota Hendra Hadiwijaya, S.E., M.Si., Guntoro Barovih, S.Kom., M.Kom, dan Adelin, S.T., M.Kom. membangun dan mengembangkan Aplikasi IBS (Integrated Business Start up) yang pendanaannya didukung oleh Rispro LPDP Kemenkeu RI.

Aplikasi IBS ini merupakan rintisan Dinas Koperasi dan UKM Prov. Sumsel sebagai solusi peningkatan omset dan pembinaan UKM dan Koperasi Sumsel serta mempromosikan produk-produk/ikonik Sumsel.

Apalagi kalau mau mencari oleh-oleh/produk khas daerah di Sumsel maka dengan mudah dan cepat akan didapatkan melalui Aplikasi IBS.

Begitu juga akan sangat membantu banyak wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah untuk mencari destinasi wisata dan tempat jualan oleh-oleh khas daerah/kabupaten terdekat dengan tempat wisata.

Aplikasi ini berbasis website dan android dengan menu-menu utama, yakni: Produk Unggulan Daerah, UKM, Koperasi, Wisata, Rental, dan Tour Guide. Untuk versi website di alamat https://ibs.sumselprov.go.id/ dan dapat menginstal aplikasi IBSSumsel dari Google Play Store.

Aplikasi IBS ini dibuat user friendly dan tampilan yang menarik serta diharapkan menjadi kebanggaan para pelaku UKM dan pengelola Koperasi di Sumsel.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel Ir. H. Amiruddin, M.Si. menggalakkan aplikasi IBS ini untuk dimanfaatkan oleh banyak pelaku UKM dan pengelola koperasi di 13 kabupaten dan 4 kota di Provinsi Sumsel.

Karena UKM dan pengelola koperasi dapat memiliki alternatif marketplace yang dibutuhkan UKM dan Koperasi Sumsel dan keinginan pemerintah Sumsel untuk menghadirkan marketplace yang juga berfungsi sebagai Government Operations, sehingga memudahkan Dinas Koperasi dan UKM dalam memantau perkembangan dan kinerja pembinaan koperasi dan UKM di Sumatera Selatan.

Sementara Ambar Sehatiningsih, S.Pt., M.Si. selaku Kepala Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan dan Dr. Hj. Mega Nugraha S.H., M.Si. Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Dinas Koperasi dan UKM Prov Sumsel mengatakan tahun 2022 akan mulai digencarkan pemanfaatan aplikasi IBS bagi para pelaku UKM dan pengelola Koperasi di Sumsel. " Yuk, kita ramaikan aplikasi IBS ini dan kami berharap dukungan terbesar dari para pelaku UKM dan pengelola Koperasi di Sumsel," katanya. (Adv)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved