Breaking News:

Berita Muara Enim

HUT Pemkab Muara Enim ke-75, Moment Retrosfektif, Instrosfektif dan Prosfektif

Menurut Nasrun Umar, momentum HUT Kabupaten Muara Enim ini bisa melalui tiga paradigma yakni  retrosfektif, instrosfektif dan prosfektif.

SRIPOKU/ARDANI
Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar mendapatkan ucapan selamat usai Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-75, Hari Ulang Tahun Korpri ke-50, Hari Kesehatan Nasional ke-57, Hari Guru Nasional ke-28 dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ke-63 di halaman Kantor Pemkab Muara Enim, Jumat (19/11/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARA ENIM,-Dengan momentum HUT Kabupaten Muara Enim ke-75, hendaklah dijadikan sebagai tahun ajang retrosfektif, instrosfektif dan prosfektif. 

Hal tersebut diungkapkan Pj Bupati Muara Enim Dr H Nasrun Umar pada saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-75, Hari Ulang Tahun Korpri ke-50, Hari Kesehatan Nasional ke-57, Hari Guru Nasional ke-28 dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ke-63 di halaman Kantor Pemkab Muara Enim, Jumat (19/11/2021).

Menurut Nasrun Umar, momentum HUT Kabupaten Muara Enim ini bisa melalui tiga paradigma yakni  retrosfektif, instrosfektif dan prosfektif.

Retrosfektif, yaitu menengok kebelakang sebagai sebuah mata rantai sejarah yang menjadi referensi dan pondasi mengantarkan kita pada  saat ini melalui semangat maupun warisan (legacy) pendahulu untuk menapaki masa kini dan masa depan.

Introsfektif, yaitu peringatan hari jadi ini sebagai sebuah renungan, introspeksi atau evaluasi diri terhadap hal-hal yang telah, akan ataupun belum tercapai sehingga menjadi jawaban dalam menghadapi permasalahan maupun tantangan di masa depan. 

Prosfektif, yaitu mari kita optimis berkeyakinan untuk menggapai masa depan Kabupaten Muara  Enim yang jauh lebih baik dengan desain maupun perencanaan yang tepat, serta dilandasi soliditas dan kerja keras.

"Tidak banyak negeri seperti yang dimiliki Kabupaten Muara Enim yang kaya SDM dan SDA, makanya kita wajib bersyukur dengan 
melakukan pengabdian dan bakti terbaik terhadap negeri ini," pungkasnya.

Dan diakuinya, dalam usia 75 tahun, telah banyak pencapaian yang telah raih, tapi juga sebaliknya masih banyak pekerjaan rumah yang mesti dituntaskan dalam  mewujudkan cita-cita pembangunan yang adil dan merata.

Jika direnungkan bersama, kunci menuju hal tersebut sebenarnya sudah terang  benderang diberikan para pendahulu (founding father) pendiri negeri ini, yaitu tertera pada pita di  lambang Kabupaten Muara Enim, bertuliskan 'Serasan Sekundang’.

Oleh sebab itu yakinlah jika kita bersatu, kompak dan solid, saling serasan, saling sekundang serta mengesampingkan kepentingan pribadi atau golongan dengan mengedepankan kepentingan  orang banyak, maka pembangunan yang menjadi alat untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Muara Enim yang sejahtera dapat dicapai.

Dalam kesempatan ini, sambung HNU, bahwa sebagai kepala daerah, ia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah bahu-membahu bersama Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam mendukung  jalannya roda pemerintahan.

Pelaksanaan pembangunan dan termasuk juga upaya dalam  penanggulangan maupun penanganan pandemi  Covid-19.

"Kami menyadari bahwa pekerjaan kami mustahil berhasil terlaksana tanpa dukungan dari semua pihak," tutupnya

Baca juga: Tutup PEDA KTNA XIV, Pj Sekda Muara Enim PEDA Ajang Tukar Pengalaman dan Berbagi Ilmu

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Muara Enim, Purna-tugas Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim, Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, Komandan Rindam II Sriwijaya,
Komandan Yonif 141 Aneka Yudha Jaya Prakosa, Komandan Yonkav 5 Dwi Pangga Ceta, Komandan Subdenpom Muara Enim, Para Pimpinan Instansi Vertika,

Pj. Sekda, Para Staf Ahli, Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Muara Enim, Para Pimpinan BUMN/BUMS/BUMD, Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim dan  seluruh ketua organisasi wanita se-Kabupaten Muara Enim, Para Camat, Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Muara Enim, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan tokoh Pemuda se-Kabupaten Muara Enim. (SP/ARDANI)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved