Breaking News:

Berita Palembang

Komorbid Diabetes Perparah Covid-19, Cegah Dini dengan Perilaku Cerdik di Masa Pandemi

Pencegahan sedini mungkin adalah solusi terbaik agar terhindar dari dampak fatal diabetes. Caranya, terapkan perilaku hidup sehat Germas dan Cerdik.

Penulis: Vanda Rosetiati | Editor: Vanda Rosetiati
Lifealth
Diabetes menjadi salah satu faktor komorbdi yang berkaitan dengan peningkatkan tingkat keparahan Covid-19. Pencegahan sedini┬áperilaku Cerdik adalah solusi terbaik agar terhindar dari dampak fatal diabetes. 

TRIBUNSUMSEL - Diabetes menjadi salah satu faktor komorbdi yang berkaitan dengan peningkatkan tingkat keparahan Covid-19. Pencegahan sedini  adalah solusi terbaik agar terhindar dari dampak fatal diabetes.

Plt Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), Kementerian Kesehatan RI dr Elvieda Sariwati, MEpid mengatakan untuk itulah masyarakat perlu diedukasi untuk senantiasa hidup sehat sehingga terhindar dari obesitas dan resiko diabetes.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 201 kata Elvieda, tingkat obesitas pada orang dewasa meningkat menjadi 21,8 persen dan prevalensi berat badan berlebih juga meningkat dari 11,5 persen di 2013 ke 13,6 persen di 2018.

Perubahan gaya hidup selama pandemi seperti konsumsi gula berlebih dan berkurangnya aktivitas fisik berpotensi meningkatkan risiko obesitas. Obesitas memiliki risiko prediabetes dan diabetes dimana hampir 90% orang dengan diabetes tipe 2 ternyata mengalami masalah kelebihan berat badan atau obesitas.

Prevalensi diabetes di tingkat nasional menunjukkan dari 6,9% pada 2013, menjadi 8,5% pada 2018 dari hasil Riskesdas 2018. Diabetes dapat menjadi jalan pintas penyakit-penyakit tidak menular lainnya seperti gangguan penglihatan, penyakit jantung, gagal ginjal, dan gangguan syaraf. "Dari 10-15 tahun sejak awal terdiagnosa, prevalensi semua komplikasi ini akan meningkat tajam," ujar dr Elvieda Sariwati, MEpid di sela Kegiatan Festival Komunitas 'Beat Obesity' Nutrifood secara virtual, Kamis (3/11/2021) lalu.

Dokter Elvieda menambahkan karena diabetes menjadi salah satu faktor komorbid yang berkaitan dengan peningkatkan tingkat keparahan Covid-19 maka pencegahan sedini mungkin adalah solusi terbaik agar terhindar dari dampak fatal diabetes.

Caranya, terapkan perilaku hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Selain itu masyarakat diharapkan senantiasa berperilaku Cerdik yakni Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres terutama di masa Pandemi Covid-19.

"Kuatkan komitmen untuk menjaga pola makan sehat dan perhatikan asupan gula sehari-hari, rutin beraktivitas fisik, lakukan deteksi dini/skrining berkala dan jangan ragu untuk segera periksakan diri ketika muncul gejala awal," tutup dr Elvieda.

Jeli Perhatikan Label Kemasan

Dokter Spesialis Gizi Klinis dr Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM menjelaskan konsumsi gula berlebih berkontribusi terhadap tingginya asupan kalori yang dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved