Breaking News:

Berita Pemprov Sumsel

Kepala Perpustakaan RI Syarif Bando Puji Festival Literasi Sumsel 2021

Melalui Festival Literasi Sumsel 2021, Pemprov Sumsel berupaya membangun kesadaran masyarakat dalam peningkatan pengetahuan dan wawasan

Humas Pemprov Sumsel
Herman Deru ketika membuka Festival Literasi Sumsel 2021 di Taman Bukit Siguntang Palembang, Selasa (6/11/2021) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Spirit Sumsel dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan mampu bersaing masif dilakukan. Salah satunya melalui Festival Literasi Sumsel 2021 dengan tema menuju Sumsel Cerdas Sumsel Membaca.

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, literasi merupakan penyokong dalam mewujudkan Indonesia khususnya Sumsel agar kedepannya dapat lebih maju. Bahkan, literasi tersebut dinilai menjadi salah satu hal yang penting untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.

"Literasi merupakan kegiatan yang bermakna. Ini akan menjadi semangat kita dalam mewujudkan masyarakat Sumsel yang cerdas," kata Herman Deru ketika membuka Festival Literasi Sumsel 2021 di Taman Bukit Siguntang Palembang, Selasa (6/11/2021).

Melalui Festival Literasi tersebut, lanjutnya, Pemprov Sumsel berupaya membangun kesadaran masyarakat terkait peningkatan pengetahuan dan wawasan agar lebih cerdas

"Tujuan literasi ini untuk kesejahteraan masyarakat. Disini kita berupaya membangun agar masyarakat memahami pentingnya literasi. Jika masyarakat cerdas, maka kesejahteraan hidup akan semakin meningkat," tuturnya.

Lebih lanjut disampaikannya, gerakan literasi tersebut juga tidak hanya akan mensejahterakan masyarakat dengan meningkatnya penghasilan, tapi juga membuat masyarakat lebih cerdas dalam menekan pengeluaran biaya hidup.

"Sejahtera itu bukan hanya meningkatnya pendapatan, tapi juga didorong efisiennya pengeluaran. Cara yang kita lakukan saat ini adalah Sumsel mandiri pangan. Artinya kita akan membuat masyarakat yang sebelumnya hanya sebagai pasar dapat menjadi produsen khususnya pangan," jelasnya.

Kendati begitu, Herman Deru meminta agar literasi kepada masyarakat dilakukan mulai dari tingkat dasar.

"Dalam meliterasi jangan sewenang-wenang. Kita harus pahami dulu kondisi masyarakat. Lakukan mulai dari tahap dasar sampai ke tinggat atas agar masyarakat benar-benar paham terhadap ilmu yang diberikan," ujarnya.

Selain membuka Festival Literasi Sumsel 2021, Gubernur Herman Deru juga melantik Duta Literasi Sumsel, serta Bapak dan Bunda Literasi Kabupaten maupun Kota di Sumsel. Duta Literasi Sumsel sendiri saat ini disandang oleh Hj Ratu Tenny Leriva Herman Deru.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved