Breaking News:

Harga Karet

Harga Karet Hari Ini di Palembang Sumsel Naik, Berikut Prediksi Sampai Akhir Tahun 2021

Harga karet di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk kadar karet kering (KKK) 40 persen hingga 100 persen pada hari ini naik tipis

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Wawan Perdana
Tribunsumsel.com
Berikut disampaikan informasi terbaru harga karet di Palembang-Sumatera Selatan (Sumsel) hari ini, Jumat (5/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Berikut disampaikan informasi terbaru harga karet di Palembang-Sumatera Selatan (Sumsel) hari ini, Jumat (5/11/2021).

Harga karet di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk kadar karet kering (KKK) 40 persen hingga 100 persen diakhir pekan ini naik tipis.

Harga karet sempat turun, kini kembali naik akibat beberapa faktor.

"Indikasi harga karet hari ini naik Rp 41 per kg dibandingkan indikasi karet hari, Kamis (4/11) untuk KKK 100 persen," kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Ir. Agus Darwa M.Si melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Rudi Arpian MSi, Jumat (5/11/2021).

Berdasarkan data yang diolah Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel bersama Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo) Sumsel, harga karet KKK 100 persen pada 4 November 2021 21,089 per kg.

Sedangkan harga karet hari ini, Jumat (5/11/2021) untuk KKK 100 persennya di harga 21,133 per kg, artinya ada kenaikan Rp 41 per kg dibandingkan harga hari Kamis.

Lalu untuk KKK 70 persen hari ini, diharga 14,793 per kg, KKK 60 persen diharga Rp 12,680 per kg, KKK 50 persen diharga 10,567 per kg, dan KKK 40 persen diharga Rp 8,453 per kg.

Menurut Rudi, harga karet global diprediksi terus bertahan naik atau turun hingga akhir tahun 2021 yakni di kisaran 1,70 an USD.

Ada beberapa faktor penyebab naik atau turunnya harga karet ekspor antara lain, pembatasan aktivitas dan mobilitas masyarakat di sejumlah negara importir untuk menahan laju Covid-19. Hal ini membuat pasokan terhambat dan harga bahan baku naik.

Lalu, produksi karet yang terus menurun akibat memasuki musim penghujan dan harga minyak bumi yang naik juga bisa berimbas kepada kenaikan harga karet ekspor.

"Faktor inilah yg membuat harga di akhir pekan ini terdongkrak naik tipis. Bagi petani Sumsel menyikapi fenomena naik dan turunnya harga karet diharapkan tetap memprioritaskan menjaga mutu bahan olah karet rakyat (BOKAR)," pesannya.

Rudi pun memberikan tips agar kadar karet kering ditingkat petani lebih maksimal caranya yaitu pakai bahan pembeku yang dianjurkan dan harus seragam.
Bisa pakai Specta, Asap Cair atau Deorub.

Lalu umur bahan olah karet rakyat (Bokar) harus sama, misal kalau umur seminggu dijual seragam umur seminggu. Jangan dicampur dengan Bokar yang ber umur 2 atau 3 hari.

Kemudian, tidak boleh direndam dan dicampur dengan bahan bukan karet, makin cepat ditumpahkan dari bak pembeku makin tinggi KKK nya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved