Breaking News:

Arti Kata

Arti Kata Deforestasi, Viral Setelah Adanya Penyataan Menteri LHK Siti Nurbaya

Kata Deforestasi banyak diperbincangkan setelah viralnya pernyataan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya

Editor: Wawan Perdana
Tribunsumsel.com
Kata Deforestasi banyak diperbincangkan setelah viralnya pernyataan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya 

TRIBUNSUMSEL.COM-Deforestasi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah aktivitas penebangan hutan.

Kata Deforestasi banyak diperbincangkan setelah viralnya pernyataan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, sehari setelah pertemuan Conference of Parties ke-26 (COP26) yang membahas isu perubahan iklim.

Siti Nurbaya dalam akun Twitter dan Facebook-nya, mengatakan bahwa FoLU net carbon sink 2030 jangan diartikan sebagai zero deforestation.

Dia berkata, menghentikan pembangunan atas nama zero deforestation atau deforestasi sama dengan melawan mandat UUD 1945.

"Oleh karena itu, pembangunan yang sedang berlangsung secara besar-besaran era Presiden Jokowi tidak boleh berhenti atas nama emisi karbon atau atas nama deforestasi. Menghentikan pembangunan atas nama zero deforestation sama dengan melawan mandat UUD 1945 untuk values and goals establishment, membangun sasaran nasional untuk kesejahteraan rakyat secara sosial dan ekonomi," tulis Siti Nurbaya seperti dikutip Kompas.com dari laman Facebook-nya, Rabu (3/11/2021).

Dalam Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.30/MENHUT-II/2009 tentang Tata Cara Pengurangan Emisi dari deforestasi dan degradasi Hutan (REDD), juga dituliskan tentang pengertian dari deforestasi.

Deforestasi adalah pengubahan area hutan menjadi lahan tidak berhutan secara permanen, untuk aktivitas manusia.

Secara tidak langsung, deforestasi mengubah fungsi hutan yang awalnya untuk pelestarian lingkungan serta ekosistemnya menjadi kepentingan manusia.

Mengutip dari situs World Wide Fun for Nature (WWF), hampir sebagian besar aktivitas deforestasi ditujukan untuk membuka lahan produksi pangan.

Contohnya adalah pembukaan lahan untuk peternakan, pertanian serta perkebunan. Tanpa disadari, dengan melakukan deforestasi, kerusakan hutan dan bumi semakin di depan mata.

Artikel ini telah tayang di kompas.com

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved