Breaking News:

Berita Olahraga

Aditya Siswa SONS Paling Potensial di Indonesia Hasil TID Cabor Atletik, Dapat Skor 93 Persen

Aditya Ega Firmansyah dari Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Sumsel dapat skor 93% Tes Talent Identification (TID) cabang atletik

Editor: Weni Wahyuny
Dispora Sumsel
250 siswa SMP di Kota Palembang mengikuti Tes Talent Identification (TID) cabang atletik di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, Rabu (3/11/2021). Siswa SONS yang mendapatkan skor tertinggi adalah Aditya Ega dengan perolehan 93 persen 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sebanyak 250 siswa SMP di Kota Palembang mengikuti Tes Talent Identification (TID) cabang atletik di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, Rabu (3/11/2021).

Dari 250 siswa yang berasal dari 20 SMP di Kota Palembang yang ikut sebagai peserta TID, satu diantaranya mendapat skor 93% yang masuk dalam kategori potensial, yakni Aditya Ega Firmansyah dari Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Sumsel.

Aditya jadi yang terbaik di Indonesia. Sebelumnya skor tertinggi 92 persen dari daerah yang sudah diambil TID Atletik, yakni Sumatera, Jawa, Sulawesi, NTB dan Bali.

“Aditya memiliki potensi untuk menjadi atlet nasional dan mampu bersaing di kancah internasional,” kata Tim Ahli Kementwrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Cukup Pahala Widi.

Cukup melanjutkan, dari data yang ada, menunjukkan jika Aditya memiliki dasar yang komplet.

“Sehingga Aditya dapat dilatih secara spesifik sesuai potensi teknik dan psikologi sesuai minat anak,” ujarnya.

Tak hanya Aditya yang masuk dalam kategori atlet potensial, ada 3 siswa yang masuk dalam kategori sangat berbakat (nasional), 7 siswa kategori berbakat (provinsi), 16 siswa tidak berbakat (daerah) dan sisanya tidak berbakat.

Cukup berharap dengan hasil tersebut, ada pembinaan secara spesifik kepada anak berbakat istimewa dari pemerintah daerah.

“Pembinaan tersebut sebagai upaya untuk membawa nama baik daerah dan negara, setelah di PON XX Sumsel memunculkan atlet juara nasional dan pemecahan rekor nasional,” jelas Cukup.

TID cabang atletik merupakan sarana untuk mengidentifikasi potensi anak usia13-15 tahun pada nomor-nomor atletik yaitu lari sprint, lari jarak menengah dan jauh, lompat dan lempar.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved