Breaking News:

Berita Palembang

Syarat Terbang dari SMB 2 Palembang ke Jawa-Bali Masih Pakai PCR

Tommy Ariesdianto menyatakan penumpang dari Bandara SMB II Palembang untuk tujuan Jawa dan Bali masih menggunakan tes PCR

TRIBUNSUMSEL.COM/ARIEF
Executive Genero Manager KRAT Angkasa Pura 2 Bandara SMB II Palembang Tommy Ariesdianto 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG,--Meski pemerintah memperbolehkan penggunaan tes swab antigen, sebagai syarat naik pesawat terbang di Jawa dan Bali, disambut baik sejumlah penumpang dan pihak pengelolah Bandara Sultan Mahmmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Menurut Susanto (30) dengan diperbolehkannya syarat naik pesawat cukup tes swab antigen, maka pengeluaran untuk menggunakan transportasi udara akan lebih kecil.

"Kita sambut baiklah putusan pemerintah tersebut, karena jelas meringankan pengeluaran selama ini," kata Susanto, Selasa (2/11/2021).

Dijelaskan Santo, para penumpang selama ini termasuk dirinya, sebenarnya cukup keberatan harus melakukan tes swab PCR sebagai syarat utama untuk terbang, dikarenakan biayanya yang cukup mahal, sehingga penumpang harus mengeluarkan dana lebih.

"Selama inikan biaya tes PCR Rp 550 ribuan kemudian turun Rp 300 ribuan, kan masih tinggi. Sedangkan dengan antigen cukup murah hanya Rp 85 ribuan. Apalagi kita berangkat tidak sehari atau dua hari, melainkan seminggu sekali, sedangkan hasilnya hanya berlaku beberapa hari," bebernya.

Meski begitu, Santo mengaku masih menggunakan hasil tes PCR untuk saat ini, mengingat belum mengetahui efektifnya tes antigen bisa jadi syarat untuk terbang.

"Karena kebetulan sudah jauh- jauh hari kita mau berangkat ke Jakarta, jadi kita tes swab PCRnya kemarin di Rumah Sakit. Tapi kalau memang antigen sudah berlaku kita akan pakai tes antigen saja," tutur Susanto dengan tujuan Jakarta.

Hal senada diungkapkan Joni (35) seorang pengacara yang ingin berangkat ke Jakarta, yang menyambut baik putusan tersebut. Meski begitu, ia berharap kebijakan pemerintah ini tidak berubah- ubah sehingga membingungkan masyarakat.

"Kita sambut baiklah, karena biaya antigen lebih murah dari PCR, tapi kalau bisa aturan tidak berubah- ubah," tandasnya seraya ia saat itu masih m1enggunakan hasil tes PCR.

Sementara Executive Genero Manager KRAT Angkasa Pura 2 Bandara SMB II Palembang Tommy Ariesdianto menyatakan, dengan adanya instruksi Mendagri Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 di Wilayah Jawa dan Bali yang diteken Mendagri Tito Karnavian pada 27 Oktober 2021, terhitung pada 1 November syarat calon penumpang transportasi udara wajib tes swab PCR dan minimal vaksin pertama, kemudian atau antigen plus vaksin kedua. 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved