Breaking News:

Berita Disbun Sumsel

Integrasi Ternak Kambing Sukses Dilakukan Disbun Sumsel di Desa Kopi Organik Pagaralam

Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan memberikan bantuan Ternak Kambing kepada kelompok penerima manfaat di Pagaralam

Penulis: Sri Hidayatun | Editor: Wawan Perdana
Disbun Sumsel
Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan memberikan bantuan Ternak Kambing kepada kelompok penerima manfaat di Pagaralam. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PAGARALAM-Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) melalui Dinas Perkebunan (Disbun) Sumsel terus berinovasi dalam rangka meningkatkan produksi dan produktifitas tanaman kopi serta nilai tambah jual produk perkebunan.

Setelah sukses mengembangkan Desa kopi Organik di Kabupaten Lahat dan Kabupaten OKU Selatan, Dinas Perkebunan kembali membentuk Desa kopi Organik di Kota Pagaralam dengan integrasi ternak kambing.

Tujuannya meningkatkan nilai tambah produk pertanian dan kesejateraan petani.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel, Agus mengatakan dalam upaya mempercepat Integrasi dengan ternak ini, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan memberikan bantuan Ternak Kambing kepada kelompok penerima manfaat.

"Yakni kelompok bina usaha 2 desa talang kromo kecamatan dempo utara kota pagar alam yang melalui Anggaran APBN Tahun 2021," ungkap dia.

Hasilnya, kata dia bantuan ini sangat dirasakan betul oleh masyarakat dalam membantu perekonomian dalam sebuah kelompok.

"Alhamdulilah, dari bantuan yang kita berikan ini sudah berhasil melahirkan anak kambing. Ini bukti keberhasilan yang sangat luar biasa dari masyarakat," ungkap dia.

Ia berharap masyarakat terus semangat untuk melakukan ini.

"Banyak sekali manfaat yang bisa dilakukan seperti kotoran kambing ini kan bisa dijadikan pupuk yang sangat bermanfaat,"tegasnya.

Sementara itu, Septa Yusrina, Pelaksana Kegiatan Desa Pertanian Organik Berbasis Komoditas Perkebunan Disbun Sumsel mengatakan bantuan paket untuk desa pertanian kopi organik yaitu berupa alat pemotong rumput sebanyak 2 Unit, mesin pencacah hijauan ternak 1 unit, pembelian gerobak dorong besi 1 unit, bangunan kandang ternak 1 unit, pemberian ternak kambing 25 ekor dan bangunan rumah kompos 1 unit

"Saat ini Bantuan kambing yang diberikan pada bulan Juli 2021 dari 23 ekor betina sudah ada 4 ekor yang melahirkan, semuanya jantan dan ada beberapa ekor lagi yang masih mengandung," tegas dia.

Dengan adanya bantuan ini nantinya bisa meningkat perekonomian masyarakat di Desa Organik tersebut.

"Pembinaan terus kita lakukan kepada kelompok ini dan laporan juga terus kita lakukan agar benar-benar hasil dan manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat," pungkasnya.(rie)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved