Breaking News:

Berita Pemprov Sumsel

Disbudpar Sumsel: Sertifikasi Uji Kompetensi Bagi Tenaga Kerja Bidang Pariwisata Itu Penting

Pemerintah Provinsi Sumsel dalam hal ini Disbudpar Provinsi Sumsel mau memfasilitasi Uji Kompetensi untuk Pemandu Wisata

TRIBUNSUMSEL.COM/LINDA
Sertifikasi Uji Kompetensi Bagi Tenaga Kerja Bidang Pariwisata Tahun 2021 di Hotel Aston, Senin (25/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Melihat pentingnya sertifikasi untuk Pramuwisata atau tour guide maka Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel memfasilitasi sertifikasi uji kompetensi bagi tenaga kerja bidang pariwisata.

Kepala Disbudpar Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan, jika Pemprov Sumsel melaui Disbudpsar  berupaya meningkatkan kemampuan diri bagi para pelaku dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata di Sumsel. 

"Kita harap Pramuwisata ini memiliki kemampuan yang betul-betul kapabilitas. Ini bukan formalitas, uji kompetensinya dilakukan dengan benar, karena sertifikasi itu penting," kata Aufa saat membuka Sertifikasi Uji Kompetensi Bagi Tenaga Kerja Bidang Pariwisata Tahun 2021 di Hotel Aston, Senin (25/10/2021).

Menurut Aufa, dengan adanya uji kompetensi ini, bukan hanya sekedar mendapatkan sertifikat pemandu wisata yang layak.

Tapi memiliki kemampuan yang telah di akui.

Sebab jika ada Pramuwisata yang belum tersertifikasi tidak bisa memberikan jaminan bahwa dia layak untuk memandu Wisatawan.

Apalagi, bukan sembarang orang yang bisa memberikan sertifikat ini. Kalu ini mengundang asesor  yang telah diakui oleh Kementerian. 

"Untuk mendapatkan sertifikat seperti ini butuh biaya yang mahal. Untuk itu, Pemprov Sumsel memfasilitasi uji kompetensi ini, agar semua Pramuwisata di Sumsel memiliki sertifikat," ungkapnya.

Menurut Aufa, dia ingin para wisatawan yang datang ke Sumsel ini nyaman, senang, punya kenangan  dengan pelayanan yang ada. Kalau senang pasti akan kembali lagi. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved