Breaking News:

Berita Muara Enim

Melihat Enam Inovasi Disdukcapil Muara Enim, Permudah Masyarakat Urus Dokumen Kependudukan

Disdukcapil Muara Enim meluncurkan Enam Inovasi termasuk Capil Muara Enim Online untuk mempermudah masyarakat.

SRIPOKU/ARDANI
Petugas Disdukcapil Muara Enim jemput bola kepada masyarakat yang sakit untuk membuat administrasi kependudukan. 

TRIBUNSUMSEL.CO, MUARA ENIM-Mengurus dokumen kependudukan hingga sampai saat ini masih menjadi keluhan dan kendala bagi sebagian masyarakat di Indonesia. 

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi masyarakat Muara Enim, sebab Disdukcapil Muara Enim secara kontinyu terus melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat Kabupaten Muara Enim.

"Kita selalu menampung aspirasi dan kendala masyarakat dan diimplementasikan dengan program untuk mempermudah layanan," kata Kepala Disdukcapil Muara Enim Drs. Risman Effensi, MSi, Minggu (24/10/2021).

Menurut Risman, saat ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Muaraenim telah melakukan lima Inovasi Andalan agar dapat lebih mudah dalam mengurus dokumen kependudukan.

Dan dalam rangka menjalankan visi kabupaten Muaraenim untuk Rakyat (MERAKYAT) yang Agamis,Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera serta menjalankan misi ke 7 yaitu mewujudkan tata kelolah pemerintahan yang profesional, Kredibel, dan berorientasi pada peningkatan pelayanan publik.

Melalui dinas Kependudukan dan Pencatatan telah membentuk beberapa program inovasi yakni JEBOLAN DESA (Jemput Bola Rekam dan Cetak Administrasi Kependudukan di Desa), JEBOLAN SEKOLAH (Jemput Bola Rekam dan Cetak Administrasi Kependudukan di Sekolah), RENDANG PEDAS ANDALAN itu adalah singkatan dari Rekam Datang Penyandang Disabilitas, Anak dan Lansia, PELANDUK (Pelayanan Updating Data Penduduk), Belah Dadaku (Begitu Lahir Dapat Dokumen), dan ARTIS DUKCAPIL (Antar Gratis Dokumen Kependudukan dan Catatan Sipil).

Inovasi Jebolan Desa dan Jebolan Sekolah, dimana melalui program ini petugas akan datang langsung kedesa-desa atau sekolah-sekolah jemput bola untuk memberikan layanan perekaman biometric dan sekaligus pencetakan dokumen kependudukan dan Inovasi ini sudah kita jalankan sejak tahun 2015.

Inovasi Rendang Pedas Andalan, dimulai dari tahun 2018 berupa pelayanan bagi masyarakat yang berkebutuhan khusus dan kurang beruntung karena keterbatasan fisik dan usia yang dilakukan ditempat tinggal masing-masing yang bersangkutan sehingga mereka tidak usah repot-repot lagi datang ke kantor Disdukcapil cukup di rumah saja karena petugas kita yang akan datang dan memberikan pelayanan.

Dan sampai dengan akhir September 2021 sudah direkam sebanyak 635 jiwa disabilitas dari 954 jiwa disabilitas wajib KTP atau 66 persen dan sudah direkam 18.576 jiwa Lansia dari 23.832 jiwa lansia atau 78 persen.

Inovasi PELANDUK yaitu berupa Pelayanan Updating dan konsolidasi data bagi masyarakat yang Nomor Induk Kependudukan (NIK) nya tidak terbaca pada saat digunakan untuk berbagai keperluan seperti Perbankan, pembuatan Paspor, BPJS, Daftar Sekolah Online dan lain sebagainya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved