Breaking News:

Berita Muba

Papa Darling Door to Door Tagih Pajak ke Rumah Warga

Pelayanan Pajak Daerah Keliling (Papa Darling) bertujuan mendekatkan pelayanan ke masyarakat dan mempermudah Wajib Pajak mengurus administrasi.

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/FAJERI
Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Muba Riki Junaidi AP mendatangi langsung rumah warga wajib pajak yang menjadi bagian dari program Pelayanan Pajak Daerah Keliling (Papa Darling), Jumat (22/10/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, SEKAYU - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Musi Banyuasin terus berusaha meningkatkan realisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah terutama dari sektor pajak daerah.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu terjun langsung ke masyarakat atau yang dikenal dengan Pelayanan Pajak Daerah Keliling (Papa Darling) yang bertujuan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan mempermudah Wajib Pajak dalam mengurus administrasi perpajakan dan membayar pajak daerah.

Selain itu, pada kegiatan Papa Darling ini, juga dilakukan sosialisasi pajak daerah agar masyarakat mengetahui dan memahami pajak daerah.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Riki Junaidi AP MSi mengatakan, meskipun kondisi di masa Pandemi Covid-19 ini, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Salah satunya yaitu dengan melakukan penagihan dan menyampaikan bukti lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) kepada masyarakat secara langsung atau dari rumah ke rumah (door to door).

"Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah membayar pajak tepat waktu, karena dengan membayar pajak berarti kita ikut serta dalam membangun Kabupaten Musi Banyuasin," ucapnya.

Ia juga menambahkan Pemkab Muba melalui BPPRD Muba harus terus berusaha menggali potensi pajak daerah yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin guna mengurangi ketergantungan dari dana transfer Pusat.

"Maka dari itu, dibutuhkan kerjasama dari semua pihak untuk menggerakkan masyarakat agar sadar dan taat membayar pajak," ujarnya.

Diketahui, dalam kegiatan Papa Darling tersebut, diperoleh realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebesar Rp. 94.166.103,00 dan Pajak Sarang Burung Walet sebesar Rp. 1.400.000,00.

Plt Bupati Muba, Beni Hernedi SIP mengatakan, Pemkab Muba akan terus berupaya optimal dalam hal pelayanan publik. "Termasuk dalam implementasi Papa Darling ini guna memudahkan publik atau masyarakat dalam kepentingan administrasi pajak," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari Pemerintah Desa sangat antuasias menyambut kegiatan Papa Darling ini. Seperti diungkapkan oleh Pjs Kades Deni Firmansyah, SE, mengatakan dengan adanya Pelayanan Pajak Daerah Keliling (Papa Darling) ini sangat membantu masyarakat dalam mengurus dan membayar pajak terutama PBB.

"Diharapkan kegiatan ini dapat terus dilakukan di masa yang akan datang," tutupnya. (fajeri)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved