Breaking News:

Berita Palembang

Pandemi Covid 19 Ubah Kebiasaan dan Dorong Digitalisasi UMKM Lebih Cepat

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel Hari Widodo menyebut Pandemi mengubah kebiasaan  hidup masyarakat dari Offline menjadi Online

Penulis: Hartati | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/HARTATI
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel Hari Widodo di sela bincang media Semarak UMKM (Seru) Sriwijaya 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pandemi mengubah kebiasaan  hidup masyarakat dari semula kegiatan banyak dilakukan secara offline berubah menjadi online. 

Hal ini juga dirasakan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang juga ikut berubah menyesuaikan kebutuhan zaman. 

Salah satunya UMKM ikut menerapkan digitalisasi mulai dari digitalisasi pemasaran produk yang dulunya di jual offline kini berubah dijual online di e commerce hingga dijual online melalui media sosial. 

Metode pembayaran dan transaksi UMKM juga ikut berubah dari semula transaksi didominasi transaksi tunai kini berubah menjadi transaksi non tunai atau cashless yang menggunakan dompet digital. 

Hal ini karena dorongan gerakan non tunai hingga upaya mencegah penyebaran Covid-19 dengan tidak bersentuhan langsung dengan uang tunai yang disentuh banyak orang. 

"UMKM juga berkembang mengikuti perkembangan digitalisasi buktinya saja lebih dari 90 persen pengguna dompet digital merchand saat ini didominasi oleh UMKM," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel Hari Widodo di sela bincang media Semarak UMKM (Seru) Sriwijaya, Jumat (22/10/2021). 

Hari mengatakan Bank Indonesia bersama stakeholder terkait mendorong agar UMKM lebih maju hingga go global dengan menggelar kegiatan Semarak UMKM (Seru) Sriwijaya dengan tema "Sinergi Bangkitkan UMKM, Sumsel Maju untuk Semua Menuju Indonesia Tanguh. Indonesia Tumbuh".

Baca juga: UMKM Mahasiswa UBD Raih Prestasi di Ajang Kompetisi Bisnis Plan Diselenggarakan BEM se-Bali

Kegiatan ini digelar 25-27 Oktober mendatang dengan menghadirkan beragam kegiatan offline dan online yang sarat edukasi agar UMKM lebih maju. 

Ado sejumlah sisi webinar yang akan diisi pelaku UMKM dan kurator yang akan memaparkan peluang apa yang bisa digarap UMKM Sumsel agar bisa go global karena ada peluang go global

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved