Breaking News:

Berita Empat Lawang

Akhir Tahun Gardu Induk Empat Lawang Akan Beroperasi, Bakal Kelebihan Daya 20.000 Ribu MVA

Gardu Induk (GI) listrik di Empat Lawang yang sudah sempat mangkrak beberapa tahun ditargetkan segera beroperasi Desember 2021.

Penulis: Sahri Romadhon | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/SAHRI ROMADHON
Gardu Induk PLN di Kelurahan Kelumpang Jaya, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, EMPAT LAWANG - Gardu Induk (GI) listrik di Empat Lawang yang sudah sempat mangkrak beberapa tahun ditargetkan segera beroperasi Desember 2021.

"Insyaallah Desember akan beroperasi saat ini masih dalam penyelesaian pembangunan tower sisa," Kata Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Empat Lawang, Anggun Haryadi, Selasa (11/10/2021).

Menurutnya jika gardu induk tersebut sudah selesai pasokan listrik di Kabupaten Empat Lawang khususnya di Kecamatan Tebing Tinggi, Saling dan sekitarnya tidak akan menumpang ke daerah lain lagi.

"Kalau ada GI kita bisa bantu daerah lain, terus jika ada gangguan kita bisa cepat serta tegangannya juga lebih bagus," jelasnya.

Selama ini tambahnya pasokan listrik di Empat Lawang mengandalkan gardu induk daerah tetangga jadi jika daerah lain alami gangguan maka Empat Lawang juga akan mengalami.

"Jalurnya panjang berpotensi akan ada banyak gangguan, kesulitannya jika terjadi gangguan akan susah untuk mencari lokasi gangguan karena jalur yang harus ditelusuri panjang," Jelasnya.

Lanjutnya jika gardu induk di Empat Lawang sudah selesai dan siap dioperasikan akan dibuatkan jalur sehingga bisa membantu daerah di sekitar Empat Lawang.

Baca juga: Cerita Pilu Ibu Asal OKI, 2 Putrinya Usia 3 dan 7 Tahun Korban Asusila, Sempat Diarahkan Jalur Damai

 Konsumsi listrik di wilayah Empat Lawang saat ini sekitar 10.000 MVA sementara itu daya listrik yang dihasilkan gardu induk baru nantinya sebesar 30.000 MVA.

"Jika gardu induk baru beroperasi ada sekitar 20.000 MVA yang tidak digunakan ini yang menjadi catatan kita bersama," katanya.

Artinya sambungnya pemerintah harus memikirkan kelebihan daya listrik yang dimiliki Empat Lawang ke depan untuk kemudian dapat dimanfaatkan.

"Mudah-mudahan saja kalau sudah beroperasi investor bisa tertarik ke sini, minimal ada hotel bintang tigalah untuk kemudian memanfaatkan kelebihan pasokan listrik," tutupnya.

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved