Breaking News:

Berita OKU Selatan

Sampai ada 7 Orang Balon Kades di Satu Desa, DPMPD OKU Selatan Seleksi 39 Balon

Sebanyak 39 balon Kades di OKU Selatan dipastikan akan mengikuti seleksi tes tertulis di ruang rapat asisten II Perkantoran Pemkab OKU Selatan

SRIPOKU/ALAN
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten OKU Selatan Juproni menyampaikan pelaksanaan seleksi balon kades yang melebihi 5 orang di Enam Desa di OKU Selatan 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARADUA--Sebanyak 39 bakal calon (balon) Kades yang berasal dari 6 Desa yang tersebar empat Kecamatan yang tersebar di Kabupaten OKU Selatan bakal mengikuti seleksi tes tertulis di ruang rapat asisten II Perkantoran Pemkab OKU Selatan, pada Selasa (12/10) besok.

Seleksi itu digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) OKU Selatan bagi kandidat Balon kades yang lebih dari 5 peserta per Desa.

Pilkades Serentak di 73 Desa OKU Selatan direncanakan akan berlangsung  pada 27 Oktober mendatang. 

Kepala Dinas PMPD Kabupaten OKU Selatan Juproni melalui Kepala Bidang Administrasi Pemerintah Desa dan Kerja Sama Antar Desa Zainal Arifin, SE seleksi tes tertulis bagi Kandidat bakal calon Kades yang melebihi 5 orang kandidat bakal calon.

"Ya, terdapat 39 orang bakal calon kades kandidat dari enam Desa yang akan diseleksi,  seleksi tes tertulis besok di ruang rapat asisten II,"ujarnya, Senin (11/10/2021).

Nantinya, lanjut Zainal 39 orang Bakal Calon Kepala Desa tersebut akan dikerucutkan menjadi 30 orang calon atau diambil 5 orang dari setiap Desa yang bertarung secara resmi di peghujung bulan Oktober ini.

Tentang soal tertulis nantinya lanjutnya Zainal, akan menguji perihal pengetahuan bakal calon yang berhubungan dengan jabatan kepala Desa mengenai wawasan pemerintahan daerah.

"Untuk soal dalam seleksi kita serahkan dengan Bupati. Tapi, jika melihat tes yang sudah-sudah tidak berbeda jauh yakni terkait wawasan tentang pemerintahan,”tambahnya.

Ia menjelaskan enam Desa yang memiliki bakal calon lebih dari 5 kandidat yang akan dilakukan penyaringan diantaranya Desa Suka Jaya Kecamatan Buay Rawan, Desa Sugihan dan Desa Bayur Tengah Kecamatan Muaradua Kisam,

Selanjutnya Desa Tanjung Kari Kecamatan Pulau Beringin dengan masing-masing 6 orang peserta Bakal Calon

Baca juga: Licin karena Air Naik ke Jalan, Pengendara Keluhkan Jalan Lintas Provinsi di OKU Selatan

Sementara itu, Desa Tanjung Agung Kecamatan Banding Agung dan Desa Pulau Beringin Kecamatan Pulau Beringin masing-masing 7 calon.

Perihal, sistem penilaian hasil tes setiap kandidat Balon nantinya akan dilakukan perankingan hingga urutan nilai tertinggi lima peserta setiap Desa.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved