Breaking News:

Berita Internasional

Pemerintah Beri Penjelasan Terkait Arab Saudi yang Resmi Buka Umrah untuk Jemaah Indonesia

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi dalam keterangan pers virtual, Sabtu (9/10/2021).

Editor: Slamet Teguh
AFP/HO/SAUDI MINISTRY OF MEDIA
Umat muslim menerapkan protokol kesehatan saat melakukan tawaf di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Pelaksanaan haji yang istimewa tahun ini di tengah pandemi Covid-19 hanya diikuti sekitar 1.000 jemaah, dengan protokol kesehatan yang ketat. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Pandemi Covid-19 masih terus terjadi di dunia.

Sejumlah aktifitas masyarakat terganggun karena adanya hal ini.

Salah satunya kegiatan keagamaan yakni umrah.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melalui Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta telah menyampaikan Nota Diplomatik mengenai dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jemaah asal Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi dalam keterangan pers virtual, Sabtu (9/10/2021).

“Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jemaah umrah Indonesia."

"Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang bekerja saat ini guna meminimalisir segala hambatan yang menghalangi kemungkinan tidak dapatnya jemaah umrah Indonesia untuk melakukan ibadah umrah,” ujarnya, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Retno menjelaskan, pembukaan ini diputuskan setelah melalui pembahasan yang cukup lama, baik pada level Menlu, Menteri Kesehatan (Menkes), dan juga Menteri Agama (Menag).

Selain itu, dengan melihat perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia yang semakin baik.

“Di dalam Nota Diplomatik tersebut juga disebutkan bahwa kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jamaah,” kata Menlu.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved