Breaking News:

Berita OKI

Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Segera Berusia 76 Tahun, Berikut Sejarah Singkatnya

Tahun 2021 Kabupaten Ogan Komering Ilir Genap berusia 76 Tahun. Tribunsumsel.com menggali informasi mengenai sejarah lahirnya Kab OKI.

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Jalan taman segitiga mas kota Kayuagung tepatnya di depan kantor Bupati Ogan Komering Ilir, Minggu (10/10/2021) siang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG -- Hari Ulang Tahun Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang ke-76 tahun, nampaknya hanya akan digelar secara sederhana.

Meskipun angka terkonfirmasi virus corona telah melandai, namun pandemi Covid-19 belum sepenuhnya usai.

Oleh karenanya tak banyak persiapan yang dilakukan pemerintah kabupaten OKI pada perayaan HUT kali ini.

Merupakan usia yang tidak lagi muda bagi kabupaten yang memiliki wilayah paling luas di Provinsi Sumatera Selatan yakni seluas 19.023,47 kilometer persegi.

Walaupun baru berusia 76 tahun menurut catatan pemerintahan Republik Indonesia, namun wilayah Ogan Komering Ilir sudah ada sejak zaman nenek moyang dan mulai terbentuk sistem pemerintahan sejak kesultanan Palembang.

Sehingga, kabupaten OKI menyimpan banyak cerita sejarah hingga akhirnya memproklamasikan diri sebagai wilayah kabupaten yang merdeka dan lepas dari belenggu penjajahan.

Tribunsumsel.com mencoba menggali informasi mengenai sejarah lahirnya Pemerintahan Kabupaten Ogan Komering Ilir. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan OKI, Hj. Ariyanti S.STP menceritakan jauh sebelum masa penjajahan oleh Belanda hingga Jepang, sudah ada manusia yang menghuni wilayah Ogan Komering Ilir yang saat ini kita sebut sebagai nenek moyang (asal muasal).

"Dari buku sejarah daerah Ogan Komering Ilir disebutkan nenek moyang masyarakat Ogan Komering Ilir berasal dari 2 (dua)
Puyang, yaitu Abung Bunga Mayang asal Lampung dan Puyang Raja Jungut (Komering)," terangnya saat dikonfirmasi, Minggu (10/10/2021).

Diceritakan lebih lanjut oleh Ariyanti, pada mulanya, masyarakat Ogan Komering Ilir menghuni dusun-dusun sepanjang Sungai Komering dan Sungai Ogan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved