Breaking News:

Berita Palembang

12 Pasien Covid-19 Masih Dirawat di ICU RS, Gubernur Sumsel Herman Deru MintaTetap Waspada

Dinkes Sumsel mencatat, saat ini masih ada 12 pasien positif Covid-19 yang dirawat secara intensif menempati ruang ICU rumah sakit di Bumi Sriwijaya.

Penulis: Vanda Rosetiati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUNSUMSEL.COM/LINDA
Gubernur Sumsel Herman Deru memintakan kondisi pandemi Covid-19 di Sumsel secara umum sudah jauh sangat menurun dari sebelumnya. Bahkan angka penambahan kasus baru sudah dibawah 50 per hari. Namun, dia meminta tetap waspada. 

 TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan mencatat, saat ini masih ada sebanyak 12 orang pasien positif Covid-19 yang dirawat secara intensif menempati ruang ICU rumah sakit di empat daerah di Bumi Sriwijaya. Masing-masing pasien tersebut tercatat berada di Kota Palembang sebanyak delapan orang, Prabumulih dua orang, Pagaralam satu orang dan Kabupaten Banyuasin satu orang terhitung, Senin (4/10/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Lesty Nurainy mengatakan delapan pasien di Kota Palembang itu masing-masing dirawat menempati ruang perawatan ICU Covid-19 di rumah sakit umum Pusat Mohammad Hoesin sebanyak dua pasien, RSUD Bari satu pasien, rumah sakit Hermina tiga pasien, rumah sakit Pertamina. Lalu satu pasien dirawat di rumah sakit Hermina OPI Banyuasin, RSUD Pagaralam satu pasien, dan RSUD Prabumulih dua pasien.

"Pasien dirawat di ruang ICU itu rata-rata usianya sudah pra lansia 45-54 tahun dan lansia 55-70 tahun yang diiringi oleh komorbid," katanya, Rabu (6/10/2021).

Meskipun demikian, jumlah tersebut sudah berkurang secara signifikan sejak akhir bulan Agustus yang tercatat diantara 80-100 orang pasien per pekannya. Merujuk pada peta penyebaran Covid-19 Sumatera Selatan, hingga kini jumlah keterisian ruang ICU Covid-19 dari 172 rumah sakit rujukan terisi 7 persen. Lalu, untuk ruang khusus pasien Covid-19 terisi 108 orang atau lima persen dari 2.305 tempat yang disediakan dan untuk rujukan tempat isolasi pasien terisi 96 orang atau lima persen dari 2.126 yang disediakan.

"Umumnya setelah dirawat kurang dari sepekan sudah negatif, pasien yang lama dirawat itu karena penyakit penyertanya seperti jantung atau diabetes militus," jelas Lesty.

Sementara, itu saat ini ada sebanyak lima orang pasien tercatat terkonfirmasi positif Covid-19, jumlah tersebut angka kumulatif dari 17 kabupaten kota. Kasus konfirmasi aktif proses perawatan sebanyak 251 pasien angka tersebut berkurang 19 dibandingkan Minggu (3/10/2021) sebanyak 270 pasien. "Untuk pasien Covid-19 yang sembuh ada sebanyak 56.346 angka tersebut bertambah sebanyak 24 pasien dibandingkan Minggu (3/10) 56.322 pasien yang sembuh," ungkap Lesty.

Gubernur Minta Tetap Waspada

Sementara itu, pemerintah telah resmi memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari tanggal 5 Oktober hingga 18 Oktober 2021. Untuk di Sumatera Selatan (Sumsel) 17 Kabupaten/Kota yang ada masuk level 3 hingga 1. Untuk level 3 hanya Musi Rawas Utara dan level 1 ada dua kabupaten yaitu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan Kabupaten Empat Lawang, sisanya level 2.

Menanggapi masih diperpanjangnya PPKM, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, bahwa dia telah memerintahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel untuk menindaklanjuti sesuai dengan level masing-masing. "Mudah-mudahan kita terus membaik dan geliat ekonomi bisa terus berjalan sesuai dengan targetnya," kata Deru saat diwawancarai di Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (6/10/2021).

Menurut Deru, kondisi pandemi Covid-19 di Sumsel secara umum sudah jauh sangat menurun dari sebelumnya. Bahkan angka penambahan kasus baru sudah dibawah 50 per hari.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved