Breaking News:

Tips Kesehatan Gigi

Tips Jaga Kesehatan Gigi dari Dokter Spesialis Gigi RSMH Palembang, drg Purwandito Pujoharjo SpKGA

bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut? Berikut tips dari dokter spesialis gigi yang ada di RSMH Palembang, drg Purwandito Pujoharjo SpKGA.

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI
Dokter spesialis gigi yang ada di RSMH Palembang, drg Purwandito Pujoharjo SpKGA, Rabu (6/10/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Saat pandemi kesehatan harus dijaga, tak terkecuali kesehatan gigi dan mulut. Lalu bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut?

Berikut tips dari dokter spesialis gigi yang ada di RSMH Palembang, drg Purwandito Pujoharjo Sp.KGA.

"Gosok gigi minimal dua kali sehari, bisa saat pagi hari setelah makan dan sore hari atau lebih bagus sebelum tidur," kata Dokter Purwandito Pujoharjo saat diwawancarai di RSMH Palembang, Rabu (6/10/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, hindari makanan yang lengket seperti manis dan lain-lain. Lalu setelah makan kumur-kumur, agar sisa makanan tidak menempel.

"Kumur-kumur bisa juga menggunakan air hangat diberi garam secukupnya.
Karena garam itu termasuk larutan fisiologi yang larut dalam tubuh, sehingga tidak membuat mati bakteri yang baik hanya membunuh bakteri yang jahat," katanya.

Kalau kumur-kumur menggunakan alkohol tidak ada masalah, tapi idealnya cukup mengandung garam fisiologi jadi pakai air hangat diberi garam saja sudah cukup.

Sebab kalau pakai alkohol selain membunuh bakteri jahat nanti bakteri baik juga bisa mati. Kalau mau aman cukup pakai air putih atau pakai air hangat diberi garam.

"Kalau mau pakai obat kumur, idealnya cukup dua Minggu. Kalau mau dipakai rutin bisa diseling-selingin," ungkapnya.

Baca juga: BREAKING NEWS: Tertipu Ratusan Juta Investasi Lele Organik, Mitra Geruduk Kantor Koperasi DHD Farm

Lalu kontrol ke dokter gigi enam bulan sekali. Dimasa pandemi memang untuk memilih tempat harus dipertimbangkan juga seperti dokter dan perawatannya pakai APD lengkap, diukur suhu tubuhnya sebelum masuk dan pasiennya dijadwalkan agar tidak menumpuk.

Sebab akibat gigi tidak dijaga kebersihannya bisa berakibat berlubang, karies, dan jika tidak ditambal jadi penyakit. Karang gigi juga bisa menempel digusi dan gigi bisa goyang.

"Lalu untuk anak-anak, kalau anak dibawah 4 tahun masih tergantung dengan orang tuanya. Maka saya tekankan orang tua jangan hanya menyuruh anak sikat gigi, karena anak umur segitu enggak bisa kalau hanya disuruh jadi harus dicontohkan dengan baik," katanya.

Misal diajak sikat gigi bareng, ajak anak menyikat gigi itu jadi hal yang menyenangkan. Sehingga nantinya anak akan terbiasa dan anak aware terhadap kesehatan gigi.

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved