Breaking News:

Berita Palembang

Sudah Dicek Tim Teknis, Hasil Uji Beban Dinamis Ampera Tunggu 2 Bulan Lagi

Pasca uji beban dinamis Jembatan Ampera Palembang selama dua malam, hasilnya akan diketahui dua belan ke depan.

Tribun Sumsel/ Rachmad Kurniawan
Situasi Jembatan Ampera Palembang sebelum ditutup, Minggu (26/9/2021). Selama dua hari Jembatan Apera ditutup karena dilakukan uji beban dan hasilnya akan diumumkan ke publik 1-2 bulan lagi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pasca uji beban dinamis Jembatan Ampera Palembang selama dua malam, Minggu malam sampai Senin dini hari dan Senin malam sampai Selasa dini hari, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) wilayah Sumsel, kemungkinan akan menyampaikan hasil kajiannya dua bulan kedepan.

Humas BBPJN Sumsel Aline dikonfirmasi, membenarkan jika hasil kajian yang dilakukan tim teknis kemungkinan akan keluar satu hingga dua bulan kedepan.

"Nanti rilis sekalian, statment dari Kabalai (Kepala Balai), karena kan rumit dan hasilnya 1-2 bulan ini. Jadi, sabar-sabar," ucap Aline, Selasa (28/9/2021).

Sebelumnya, BBPJN wilayah Sumsel bersama Dishub Kota dan Polrestas Palembang, melakukan penutupa jembatan Ampera karena akan dilakukan pengujian dynamic loading test atau uji beban dinamis.

Pengujian dynamic loading test atau uji beban dinamis ini bertujuan untuk memverifikasi model analisis struktur jembatan ampera yang sedang dikaji.

Secara teknis, Eko, Tim Leader Pekerjaan Evaluasi Jembatan Ampera dari PT Perencana Jaya mengatakan dalam uji beban dinamis ini dilakukan dengan tiga sumber getaran yang akan diukur.

"Sumber getaran ini yakni pertama kita akan dapatkan roda truk yang kita naikkan di suatu balok yang tingginya kira-kira 20 centi, kita naikkan dan langsung direm," ujarnya, Kamis (23/9/2021) lalu.

Lanjut dia, getaran yang dihasilkan beban jatuh ini diukur dengan sensor akselor meter.

"Dari sensor ini kita ukur dan dapat percepatan dari getaran tersebut sehingga kita frekuensinya," bebernya.

Kemudian yang kedua yakni beban truk itu dijalankan dari satu bentang ke bentang lain. Ketiga yakni beban truk kita jalankan kemudian lakukan pengereman.

"Dalam kasus ini beban truk yang kita berikan dengan beban total 15 ton dengan muatan juga," ungkap dia.

Dari hasil inilah dapat dilakukan suatu rujukan untuk melakukan penanganan, apa terhadap jembatan ampera agar dapat lebih bertahan dan berfungsi dengan baik.

"Karenanya uji ini kita lakukan selama dua hari dengan durasi kurang lebih 5 jam yang akan kita lakukan dynamic loading test ini," tegasnya saat itu.

Data Umum Jembatan Ampera :
- Lokasi : Jalan Ryacudu
- Tahun Pembangunan 1962-1965
- Umur Jembatan 56 Tahun
- Panjang Jembatan Ampera 1100 meter (termasuk jalan pendekat)
- Panjang bentang utama 354 meter
- Lebar Jembatan 22 meter

Baca juga: BEM SI Tuntut Ketua KPK Firli Mundur, Pengamat Politik ForDes Bagindo Togar Ungkap Begini

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved