Breaking News:

Update Cuaca Sumsel

Hujan Lebat Bakal Terjadi di Sumsel Hingga Rabu Pagi, Masuk Level Waspada

Prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di wilayah Sumatera Selatan termasuk level waspada Selasa (28/9/2021) hingga Rabu (29/9/2021).

Penulis: Hartati | Editor: Vanda Rosetiati
Tribunsumsel.com
Peringatan dini waspada yang dikeluarkan BMKG, Prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di wilayah Sumatera Selatan termasuk level waspada berlaku Selasa (28/9/2021) pukul 07.00 WIB hingga Rabu (29/9/ 2021) pukul 07.00 WIB. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada hujan deras yang berdampak bakal mengganggu sejumlah aktivitas masyarakat.

Dikutip dari peringatan dini waspada yang dikeluarkan BMKG, Prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di wilayah Sumatera Selatan termasuk level waspada berlaku Selasa (28/9/2021) pukul 07.00 WIB hingga Rabu (29/9/ 2021) pukul 07.00 WIB.

Wilayah yang diprakirakan terdampak yakni Kabupaten OKU Selatan di Sindang Danau, Sungai Are.

Di Kabupaten Muara Enim ada beberapa daerah yang bakal terdampak diantaranya Semendo Darat Tengah, Semendo Darat Ulu.

Sementara itu di Kabupaten Lahat juga diprediksi sejumlah daerah bakal terdampak yakni Tanjung Sakti Pumu, Tanjung Sakti Pumi, Jarai, Sukamerindu, Pajar Bulan, Gumay Ulu, Kota Agung.

Pagaralam juga tidak luput dari kemungkinan terdampak yang bisa saja terjadi di daerah Dempo Utara,
Pagar Alam Selatan, Pagar Alam Utara, Dempo Selatan, Dempo Tengah.

Sementara itu di Kabupaten Empat Lawang sejumlah daerah yang bakal terdampak yakni Lintang Kanan, Muara Pinang, Pendopo, Sikap Dalam, Ulu Musi, Pasemah Air Keruh.

Dampak hujan deras yang diprakirakan terjadi bakal menyebabkan sulit mengendarai kendaraan di jalanan, sebagian kelompok masyarakat terisolir dan kehilangan mata pencaharian dan hewan ternak sementara waktu.

Kerusakan rumah dan bangunan, jembatan dan lainnya juga dikhawatirkan karena kemungkinan terendam banjir dan juga tanah longsor bagi yang berada di dataran tinggi.

Banjir juga diperkirakan akan merusak pertanian hingga membawa penyakit yang bercampur dengan air banjir.

Menghadapi kemungkinan buruk dampak hujan deras yang bisa menyebabkan banjir dan tanah longsor ini warga diminta tetap tenang dan waspada.

Berhati-hati jika beraktifitas di luar rumah, jika tidak penting diam di rumah saja, selalu update kondisi cuaca terkini dan kemungkinan bencana karena dan amankan dokumen dan barang penting jika kemungkinan buruk bencana datang.

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved