Breaking News:

Berita OKI

Lahannya Terbakar Seluas 50 Hektar, PT Rambang Agro Jaya Bakal Lapor ke Polres OKI

Hari ke 4 kebakaran PT. Rambang Agro Jaya di Desa Cintajaya Kecamatan Pedamaran hanya menyisakan kepulan asap.

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah OKI, Listiadi Martin saat ditemui dilokasi kebakaran PT. Rambang Agro Jaya di Desa Cintajaya Kecamatan Pedamaran 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG --Kepulan asap di lahan perusahaan PT. Rambang Agro Jaya yang berada di Desa Cintajaya Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir masih terlihat di hari ke-4, Jum'at (24/9/2021) sore.

Menurut keterangan Listiadi Martin selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKI. 

Meskipun sejak pagi hari angin cukup kencang di lokasi, namun kobaran api tidak lagi terlihat dan hanya menyisakan kepulan-kepulan asap di beberapa titik pada lahan yang terbakar.

"Kalau pantauan anggota di lapangan, tidak terlihat lagi kobaran api dan para petugas pemadam lebih memfokuskan pendinginan yaitu menyemprotkan air hingga ke permukaan dalam gambut," jelasnya saat ditemui dilokasi terbakar.

Disampaikan lebih lanjut, petugas gabungan dari BPBD, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan TNI-POLRI berupaya menyisir 50 hektar lahan yang telah hangus terbakar.

"Dari udara kita dibantu oleh 3 unit water boombing, sedangkan dari darat personil melakukan pemadaman menyisir keseluruhan lahan. Jadi kami akan pastikan asap tidak lagi muncul dari permukaan gambut," ujarnya.

"Dengan pemadaman gotong-royong seperti ini, diprediksi besok kondisi sudah terkendali," imbuhnya.

Listiadi menjelaskan bahwa kebakaran di PT. Rambang kali ini merupakan karhutlah terbesar sepanjang tahun 2021 ini.

Dirinya mengharapkan ke depan tidak ada lagi kebakaran serupa baik di area milik perusahaan maupun pribadi.

"Insya Allah jika berkaca dengan BMKG, kemungkinan di bulan Oktober mendatang kita kembali masuk musim penghujan. Semoga tidak ditemukan lagi titik hotspot," harapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved