Breaking News:

Berita Lubuklinggau

Dipinggir Sungai Mesat, Luas Kawasan Kampung Kumuh di Lubuklinggau Capai 500 Hektare

Kepala Dinas Perkim Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriansyah mengatakan Cereme Tabah dan Karya Bakti masuk dalam kawasan kampung kumuh

Penulis: Eko Hepronis | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/EKO
Anak -anak bermain layangan di Kampung Ulung kawasan kampung kumuh yang telah dibangun, Jumat (24/9/2021) 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Kawasan Cereme Tabah dan Karya Bakti Kecamatan Lubuklinggau Timur II Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan (Sumsel)  merupakan kawasan kumuh.

Bahkan masyarakat disekitar kawasan ini masih banyak yang membuang sampah sembarangan dan banyak tinggal di sepanjang aliran sungai mesat.

Kepala Dinas Perumahan Pemukiman (Perkim) Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriansyah mengatakan Cereme Tabah dan Karya Bakti masuk dalam kawasan kampung kumuh berdasarkan baseline terbaru.

"Untuk yang lama sudah selesai, sekarang yang terbaru 500 hektare di 15 kelurahan.Yang paling parah yakni Karya Bakti dan Cereme Tabah, karena masyarakatnya masih banyak buang air di pinggir sungai," ungkapnya pada Tribunsumsel.com, Jumat (24/9/2021).

Ia menuturkan pengentasan kampung kumuh merupakan tanggung jawab bersama karena tidak setiap tahun dilakukan, untuk menuntaskan semuanya saat ini butuh anggaran Rp 12 Miliar lebih.

"Dulu luasan kita berdasarkan SK tahun 2014-2015 kita mendapat jatah 111 hektare, jumlah itu sudah kita tuntaskan terakhir tahun 2020 pembangunan kampung ulung," paparnya.

Sementara, pembangunan fisik Kampung Ulung, di Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, telah rampung dikerjakan.

Pembangunan kampung ulung ini menelan dana tak sedikit, anggaran proyek pembangunan ini menelan dana APBN 2020/2021 dengan  total mencapai Rp 12 miliar lebih.

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe (Nanan), menyampaikan proyek yang dibangun dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dari Balai Cipta Karya tersebut saat ini sudah tuntas 100 persen.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved