Breaking News:

Berita Palembang

Ini Tips UMKM Tetap Kokoh di Masa Pandemi dari Ketua Aspenku Sumsel

Yus Elisa atau yang sering disapa Bunda Rayya yang merupakan salah satu UMKM di Palembang, dimasa pandemi ini jangan pantang menyerah.

TRIBUNSUMSEL.COM/LINDA
Bunda Rayya saat menjadi narasumber di Seminar UMKM KKN Kelompok 10 di Aula Kecamatan Sako, Kamis (23/9/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Adanya pandemi Covid-19 berimbas pada semua sektor, tak terkecuali Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang turut terdampak.

Menurut Yus Elisa atau yang sering disapa Bunda Rayya yang merupakan salah satu UMKM di Palembang, dimasa pandemi ini jangan pantang menyerah.

"Jadi di masa pandemi harus kreatif dan bergandengan tangan," kata Bunda Rayya saat menjadi narasumber di Seminar UMKM KKN Kelompok 10 di Aula Kecamatan Sako, Kamis (23/9/2021).

Bunda Rayya pun memberikan tips agar UMKM tetap kokoh di masa pandemi yaitu, harus kreatif, inovatif dan bergandengan tangan itu intinya.

Meskipun ada pandemi Covid-19 tetaplah berdiri kokoh.

"Jangan takut kita merasa tersaingi, karena rezek tidak akan tertukar. Persaingan bisa di dalam diri tapi dibuat untuk memacu semangat kita," kata Bunda Rayya yang terkenal dengan kue Makjola.

Wanita Inspiratif Bidang Ekonomi Pelestarian Kue Tradisional ini mengatakan, berusaha itu tidak serta merta mencari keuntungan, tapi berusahalah jadi bermanfaat untuk orang lain.

"Saat pandemi ini marketing juga harus dirubah. Kalau dulu hanya mengandalkan offline maka cobalah untuk buka online, bisa melalui media sosial seperti Instagram dan lain-lain," kata Juara 1 Master Oleh-oleh Blueband tingkat Provinsi.

Menurut Juara Harapan Nasional Produk Kreatif dan Inovatif Ipemi ini, jika hari ini belum ada penjualan tetap semangat dan berusahalah terus. Upload di media sosial jualannya dan tetap berusaha.

"Jadi ada tiga hal yang harus dipertahankan dalam usaha kuliner yaitu dari segi rasa, penampilan dan packaging. Ketiga hal tersebut juga sangat berpengaruh dalam usaha kuliner," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Kue dan Kuliner (Aspenku) Sumsel.

Sementara itu Ketua Kelompok 10 Anggi Saputra mengatakan, sebagai mahasiswa Stisipol Candradimuka Palembang ini salah satu program kerja bersama.

"Kami membantu UMKM di Kelurahan Sialang. Tujuannya agar UMKM di Sialang ini bersinergi dan kembali bangkit. Untuk peserta kita melibatkan 30 peserta dari masyarakat," katanya.

Menurut Anggi, dalam kegiatan ini banyak diberitakan tips dari Bunda Rayya tentang tetap kokoh di masa pandemi. Tentu ini sangat bermanfaat untuk para UMKM.

Sedangkan Camat Sako Kota Palembang Amiruddin Sandy menambahkan, bahwa ia mengapresiasi untuk kegiatan ini.

"Untuk UMKM di Sako ini banyak,  dimasa pandemi banyak muncul ide baru 75-80 persen di Sako ini kebanyakan UMKM, dari kecil, mikro hingga menengah," ungkapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved