Breaking News:

Berita OKI

Demi Terciptanya Zero Kendaraan ODOL, Pemkab OKI Terapkan Bukti Lulus Uji Elektronik (Smart Card)

Mulai hari ini bukti lulus uji KIR tidak lagi menggunakan buku dan digantikan dengan bentuk kartu (seperti SIM dan KTP)

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Peresmian pembayaran pengujian kendaraan bermotor menggunakan kartu elektronik BSB cash dan deklarasi zero Over Dimensi Over Loading (ODOL) berlangsung di kantor dinas perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Selasa (21/9/2021) siang. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG -- Peresmian pembayaran pengujian kendaraan bermotor menggunakan kartu elektronik BSB cash dan deklarasi zero Over Dimensi Over Loading (ODOL) berlangsung di kantor dinas perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Selasa (21/9/2021) siang.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kadishub OKI, Antonio Romadhon pemberlakukan uji Kelaikan Kendaraan Angkutan Barang (KIR) sudah menerapkan tanda Bukti Lulus Uji Elektronik (Blu-E).

Manfaat yang akan didapatkan dengan penerapan Blu-E yakni untuk mengurangi fraud atau kecurangan.

"Mulai hari ini bukti lulus uji KIR tidak lagi menggunakan buku dan digantikan dengan bentuk kartu (seperti SIM dan KTP)," jelasnya di hadapan para tamu.

Dilanjutkannya, para pengendara juga akan merasa lebih praktis karena selama ini penerapan sistem buku akan menjadi kartu.

"Nantinya Blu-E terdiri dari dua sertifikat tanda lulus uji. Pertama mendapatkan dua stiker hologram dengan QR Code yang ditempel pada kaca depan kendaraan dan yang kedua mendapat sebuah Smart Card dengan teknologi Near Field Communication atau NFC," terangnya.

Dijelaskan, terdapat beberapa syarat dan keperluan yang harus dibawa kala melakukan uji KIR supaya semua terekam dengan baik dalam format digital.

"Syaratnya wajib membawa STNK asli dan fotokopi, wajib membawa KTP asli dan fotokopi, lalu wajib membawa Sertifikasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor (SRUT) untuk mobil baru atau pertama uji," jelasnya.

Masih kata Antonio, semua persyaratan tersebut akan direkam lalu dicetak menjadi stiker hologram dan smart card.

"Data-data yang sudah direkam tersebut dapat diakses dengan cara memindai QR Code pada stiker maupun di kartu," bebernya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved