Breaking News:

Berita Prabumulih

Kelurahan GIB Prabumulih Jadi Nominator Wakili Sumsel Lomba Proklim Tingkat Nasional

Gunung Ibul Barat (GIB) Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih jadi wakil sumsel sebagai nominator Program Kampung Iklim (Proklim) Utama

Penulis: Edison | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/EDISON
Program Sambang Manula yakni untuk melayani dan membantu lansia di Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Edison Bastari

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH - Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih, menjadi salah satu kelurahan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang terpilih sebagai nominator Program Kampung Iklim (Proklim) Utama tingkat nasional di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Apa saja inovasi dan program di Kelurahan tersebut sehingga terpilih mewakili provinsi Sumsel untuk bersaing dengan daerah di provinsi lain se-Indonesia dalam lomba Proklim tersebut.

Berdasarkan pantauan Tribunsumsel.com, ternyata terdapat puluhan Inovasi unggulan yang dimiliki Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB) antara lain Kampung Edu Agroekologi, Bedah Jamban, Perlindungan Mata Air, Sambang Manula, Taman Toga KWT, Pemanfaatan Lahan Kosong, Gerakan Pelestarian Kali Bersih, Sabut Kelapa Gantung, Pembibitan Tanaman Pelindung dan Basmi Nyamuk dengan Ikan Cupang.

Tidak hanya itu, ada juga inivasi Terasering Kebun Sayur, Pertanian Terpadu, Rumah Bermain Ramah Anak (RBRA), Amalan (Ajakan Menampal Jalan), Pohon Cinta (Surat Nikah), KIA Prasekolah (Kelana) dan Font Kampung Berkualitas (KB), Posyandu Keliling dan Kelompok Senam serta masih banyak inovasi-inovasi lainnya.

Lurah Gunung Ibul Barat, Joko Arif Trianto Amd kepada wartawan mengatakan program kelurahan banyak dilakukan dengan memanfaatkan pusat kegiatan kesehatan warga tingkat dasar di Posyandu.

"Ada banyak program dan inovasi kita lakukan, contoh Sambang Manula yakni untuk melayani dan membantu lansia. Program ini setiap hari Jumat kita laksanakan, seperti menyampaikan sosialisasi pelayanan kesehatan dari rumah ke rumah warga oleh petugas PSC-119 dan memeriksa kesehatan di Poskeskel," kata Arif kepada wartawan akhir pekan lalu.

Lalu kata Arif, pihaknya mengusulkan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk 180 anak dibawah usia sekolah pada akhir November 2020 lalu yang telah disalurkan. Selain itu Program kampung Keluarga Berencana (KB) bekerjasama dengan pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (disdukcapil) Kota Prabumulih.

 Gunung Ibul Barat merupakan kelurahan pertama yang berinovasi dalam menunjang kampung Berkualitas (KB) dan kelurahan Layak anak (kelana)," katanya seraya mengatakan program-program lainnya juga terus berjalan sampai saat ini.

Baca juga: Kapolres Prabumulih Ingatkan Anggota Polri Tidak Terlibat LGBT

Arif menuturkan diantara 28 inovasi tersebut ada beberapa kriteria yang menarik perhatian tim penilai dan keberhasilan memberdayakan warga juga mendapatkan apresiasi positif.

"Ini lomba tingkat nasional yang mencakup semua aspek, bukan hanya masalah ekonomi, kesehatan, tapi semuanya. Jadi ini adalah kompetisi antar kelurahan yang tertinggi di Indonesia," tambahnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved