Breaking News:

Berita Palembang

PPnBM Resmi Diperpanjang Hingga Desember, Begini Reaksi Showroom di Palembang

Diskon pajak atau Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 100 persen untuk kendaraan bermotor diperpanjang sampai akhir 2021. 

Penulis: Hartati | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/HARTATI
Pegawai Auto2000 Veteran memperlihatkan mobil yang dijual di showroom tersebut. Kabar gembira karena kini konsumen bisa membeli mobil dan mendapat diskon karena pemerintah memperpanjang diskon PPNBM 100 persen hingga akhir tahun. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pemerintah kembali memperpanjang diskon pajak atau Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 100 persen untuk kendaraan bermotor sampai akhir 2021. 

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan, perpanjangan insentif dilakukan untuk menstimulasi konsumsi masyarakat kelas menengah seiring dengan perkembangan positif penanganan pandemi Covid-19, sehingga diharapkan terus dimanfaatkan" ujarnya dalam siaran pers, Jumat (17/9/2021). 

Kebijakan memperpanjang diskon PPNBM 100 persen disambut baik pelaku otomotif karena dinilai sebagai angin segar yang bisa mendongkrak penjualan mobil.

Kepala Cabang Auto2000 Veteran Said Ali mengatakan mendukung upaya pemerintah memulihkan ekonomi dengan memperpanjang kebijakan PPNBM sehingga bisa mendongkrak perekonomian di Sumsel.

Hal ini juga memberikan kesempatan konsumen bisa memiliki mobil dengan harga lebih terjangkau karena diskon ini cukup besar nilainya.

Meski pemerintah sudah memutuskan diperpanjang namun untuk harga resmi yang akan diterapkan masih akan menunggu dari kantor pusat dan secepatnya diinformasikan ke konsumen.

"Mendukung kebijakan pemerintah agar perekonomian segera pulih dan terus membaik baik skala lokal dan nasional," kata Said Ali, Jumat (17/9/2021).

Kepala Cabang Tunas Auto Graha (TAG) Hadi Maryanto mengatakan mendukung kebaikan perpanjangan diskon PPNBM karena dengan kebijakan yang sudah diterapkan sebelumnya cukup bagus mendongkrak penjualan.

"Kita mendukung kebijakan tersebut karena bagus namun untuk harga resmi setelah diskon diterapkan masih menunggu kebijakan dari Toyota Astra Motor (TAM)," kata Hadi.

Kepala Cabang Astra Daihatsu Plaju Gusyandri menyambut baik kebijakan perpanjangan diskon Ppnbm 100 persen karena memberikan kesempatan bagi masyarakat yang belum sempat membeli mobil sebelumnya.

Meski ketersedian unit yang sesuai ketentuan PPNBM tidak semua ready namun dikatakannya konsumen bisa pesan lebih dulu karena kebijakan ini lama hingga akhir tahun dan bisa menunggu.

"Unit yang mendapat diskon PPNBM 100 persen memang tidak semuanya ready karena kebijakan PPKM yang membuat pekerja di pabrik perakitan juga dibatasi sehingga berdampak pada kesedihan unit tapi konsumen bisa indent lebih dulu," katanya.

Dalam PMK baru yaitu PMK 120/PMK 010/2021, besaran insentif diskon PPnBM kendaraan bermotor yang semula diberikan dari Maret hingga Agustus 2021 diperpanjang menjadi hingga Desember 2021. 

Baca juga: Arti Tracking Dalam Proses Pengiriman Paket Belanja Online

Insentif yang diperpanjang meliputi, satu di antaranya PPnBM DTP 100 persen untuk segmen kendaraan bermotor penumpang dengan kapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc. 

Lalu, PPnBM DTP 50 persen untuk kendaraan bermotor penumpang 4x2 dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc sampai 2.500 cc, serta PPnBM DTP 25 persen untuk kendaraan bermotor penumpang 4x4 dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc sampai 2.500 cc.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved