Breaking News:

Berita Palembang

GAPKI Sumsel Akan Adakan Kegiatan Vaksinasi Untuk Masyarakat

Vaksinasi GAPKI Sumsel akan menggelar 24 September 2021 mendatang. seremoninya di PT Sawit Mas Sejahtera, KM 38 Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin.

TRIBUNSUMSEL.COM/LINDA
Rapat Persiapan Pelaksanaan Vaksin Covid-19 di Lingkungan Perusahaan Perkebunan di Bawah Naungan GAPKI di Kantor Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel, Jumat (17/9/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) akan melakukan vaksinasi Covid-19 secara serentak di Indonesia, termasuk di Sumatera Selatan (Sumsel).

"Iya GAPKI Sumsel akan mengadakan vaksinasi," kata Ketua GAPKI Sumsel, Alex Sugiarto saat Rapat Persiapan Pelaksanaan Vaksin Covid-19 di Lingkungan Perusahaan Perkebunan di Bawah Naungan GAPKI di Kantor Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel, Jumat (17/9/2021).

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk kegiatan launchingnya direncanakan serentak se Indonesia pada 24 September 2021 mendatang. Kalau di Sumsel titik lokasi seremoninya di salah satu perkebunan anggota GAPKI.

Menurutnya, saat launching rencananya akan ada live dan telekonferensi yang dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Dengan harapan Gubernur Sumsel Herman Deru juga bisa turut hadir.

Alex menceritakan, bahwa latar belakang kegiatan ini merupakan program GAPKI Peduli. GAPKI berupaya membantu pemerintah dalam program percepatan vaksinasi di daerah perkebunan, dan daerah-daerah produktif.

"Kenapa GAPKI, karena kalau yang punya kebun itu biasanya di desa. Sedangkan selama ini vaksinasi masih banyak terfokuskan di Kabupaten/Kota. Maka GAPKI diminta sebagai perpanjangan tangan untuk membantu pemerintah," ungkapnya.

Menurutnya, untuk vaksinnya bervariasi menyesuaikan ketersediaan stok yang ada. Jadi nantinya ada Sinovac, Moderna, dan AstraZeneca. Untuk itu memang perlu disosialisasikan juga kepada masyarakat.

Jangan sampai setelah di suntik nanti pada protes sakit dan lain-lain. Jadi ini perlu diedukasi juga dari Dinas Kesehatan, karena memang vaksin yang digunakan berdasarkan stok yang ada dan bervariasi.

"Sasaran vaksinasi ini untuk masyarakat petani, pedesaan dan masyarakat umum. Dengan usia dari 12 tahun ke atas, terutama di desa yang daerahnya ada perkebunan dan pertanian. Untuk pendataannya nanti dari anggota GAPKI di 75 perusahaan yang ada," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Ir. Agus Darwa M.Si menambahkan, bahwa Pemerintah Provinsi Sumsel menyambut baik gagasan dari GAPKI.

"Ini salah satu contoh bentuk kepedulian terhadap kesehatan, terutama pada masa pandemi Covid-19. GAPKI ini sudah bekerja keras dan peduli terhadap masyarakat, petani dan Perkebunan," katanya.

Menurut Agus Darwa Gubernur Sumsel Herman Deru mengapresiasi apa yang dilakukan GAPKI. Di bidang perkebunan ini ada sekitar 1,3 juta, artinya 45 persennya bakal dikerjakan oleh GAPKI, tentunya ini luar biasa.

Sebagai informasi saat rapat turut hadir dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Dinas Ketenagakerjaan, dan pihak terkait lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved