Breaking News:

Sumsel Wiki

Arti Slogan Kabupaten Empat Lawang Saling Keruani Sangi Kerawati

Kabupaten Empat Lawang hasil pemekaran dari Kabupaten Lahat ini memiliki slogan "Saling Keruani Sangi Kerawati"

Penulis: Sahri Romadhon | Editor: Wawan Perdana
Tribunsumsel.com
Kabupaten Empat Lawang hasil pemekaran dari Kabupaten Lahat ini memiliki slogan "Saling Keruani Sangi Kerawati" 

TRIBUNSUMSEL.COM, EMPATLAWANG-Empat Lawang adalah nama sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Lahat ini memiliki slogan "Saling Keruani Sangi Kerawati".

Kabupaten Empat Lawang berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu, Kabupaten Lahat, dan Kabupaten Musi Rawas.

Kabupaten ini mempunyai 10 kecamatan yakni Kecamatan Muara Pinang, Lintang Kanan, Pendopo, Pendopo Barat, Sikap Dalam, Ulu Musi, Pasemah Air Keruh (Paiker), Talang Padang, Tebing Tinggi dan Saling.

Di 10 kecamatan tersebut hidup beberapa suku dengan masing-masing bahasa yang dimiliki seperti Suku Lintang, Suku Tebing, Suku Besemah dan Suku Saling.

Slogan Saling Keruani Sangi Kerawati memiliki arti, masyarakat Kabupaten Empat Lawang saling mengenal satu sama lain dan saling menjaga sebagai satu keluarga.

Baca juga: Tradisi Menangkap Ikan Pakai Lumpatan di Empat Lawang, Habiskan Uang Hingga Rp 50 Juta

"Saling keruani itu bermakna orang Empat Lawang saling mengetahui, jadi makna saling itu ada timbal balik sedangkan keruani itu mengetahui intinya masyakat Empat Lawang satu sama lain saling memgetahui," Kata Sulton Bustari, Ketua Pembina Adat Kabupaten Empat Lawang, Rabu (8/9/2021).

Lebih Lanjut Sulton menjelaskan, untuk Sangi Kerawati berarti masyarakat Kabupaten Empat Lawang saling menjaga satu sama lain.

"Jadi setelah mengenal satu sama lain antar masyarakat Kabupaten Empat Lawang maka berikutnya masyarakat Empat Lawang akan saling menjaga satu sama lain ibarat sebuah keluarga," Katanya.

Pria kelahiran Gunung Meraksa Baru, Kecamatan Pendopo tersebut terakhir menambahkan, kabupaten yang dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Lahat ini sejatinya memiliki banyak budaya khas seperti dikir, jidur, ratip, tari, ratip dan masih banyak lagi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved