Breaking News:

Setelah Video Viral Keributan di Disdukcapil Palembang, Ratu Dewa Akan Rotasi Pegawai

Seketaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa akan melakukan rolling para pegawai di Disdukcapil

Penulis: Sri Hidayatun | Editor: Prawira Maulana
Tribun Sumsel/ Linda Trisnawati
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa. 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG - Pasca terjadinya video viral seorang oknum honorer Disdukcapil yang marah kepada salah seorang warga, Seketaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa akan melakukan rolling para pegawai yang ada disana.

"Kejadian kemarin memang menjadi sebuah pembelajaran. Karena itu kita akan melakukan mutasi atau rolling pegawai disana untuk melakukan penyegaran," jelas Dewa usai memimpin rapat evaluasi kinerja pelayanan publik, Rabu (15/9).

Akan tetap mutasi atau rolling ini harus mendapatkan izin dulu dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil. Maka kita harus mendapatkan izin rekomendasi dari sana termasuk dari eselon 2 dan eselon 4.

"Tapi saya juga sudah minta kepada ibu Kepala Dinas untuk melakukan rolling dibagian FO di depan sehingga tidak ada kejenuhan bagi para pegawai," jelas dia.

Dan lanjut dia, Dewa juge meminta agar pelayanan di Disdukcapil khususnya yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik ini harus bekerja sesuai SOP.

"Menghadapi warga bagaimana dengan  ramah, santun, pakaian rapi,  termausk juga meja harus bersih, kabel tidak berserakan, berkas tidak bertumpuk dan lain sebagainya," ungkap dia.

Apalagi, nilai yang didapat untuk Disdukcapil dalam pelayanan publik juga menurun yakni C ditahun lalu karena ada berbagai permasalahan termasuk dengan SOP pelayanan.

"RS Bari dan DPMPTSP tahun lalu dapat nilai cukup baik yakni A. Kalau Disdukcapil memang menurun yakni C karena terkait SOP pelayanan," ungkap dia.

Ia berharap tahun ini, kinerja dari tiga pelayanan publik ini dapat semakin baik dan berharap semua dapat A.

Selain itu, kata Mantan Kabag Humas Pemkot Palembang ini mengatakan dari hasil rapat kinerja pelayanan publik ini selain Disdukcapil yang dievaluasi yakni RS Bari dan DPMPTSP.

"Ada tiga yang kita fokuskan dalam rapat penilaian kinerja ini yakni DPMPTSP, RS Bari dan Disdukcapil. Namun karena RS Bari fokus penanganan covid-19 sehingga di fokuskan pada DPMPTSP dan Dukcapil," jelas dia.

Evaluasi kita, lanjut dia  yakni sarana dan prasarana seperti tempat parkir, tempat menyusui, sistem informasi harus terintgerasi dengan Kominfo dan standar operasional prosedur juga dinilai.

"DPMPTSP  relatif bagus setiap tahun dan kita treasing yakni Disdukcapil baik dari SDM, tempatnya dan kenyamanan warga yang mengurus berbagai pelayanan disana," pungkas Dewa.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved