Breaking News:

Ricky Dhisullimah Atlet Anggar dari Sumsel Targetkan Emas di PON XX Papua

Ricky Dhisullimah merupakan atlet anggar asal Sumatera Selatan (Sumsel), yang ikut PON XX Papua Tahun 2021.

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Prawira Maulana
LINDA TRISNAWATI
Ricky Dhisullimah merupakan atlet anggar asal Sumatera Selatan (Sumsel), yang ikut PON XX Papua Tahun 2021, Rabu (15/9/2021) 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Ricky Dhisullimah merupakan atlet anggar asal Sumatera Selatan (Sumsel), yang ikut PON XX Papua Tahun 2021. 

Ricky merupakan atlet yang cukup berprestasi di anggar. Sebab puluhan medali telah ia kumpulkan sejak menjadi atlet anggar.

"Untuk PON XX ini terget saya dapat medali emas," kata Ricky saat dibincangi Tribun Sumsel usai Peresmian dan Pelepasan Kontingen Sumsel untuk mengikuti PON XX Papua Tahun 2021 di Plaza Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City (JSC).

Menurut pria yang baru berusia 24 tahun ini, dari 2012 sampai terakhir 2019 sudah puluhan medali yang iya dapatkan. Saat PON XIX di Jawa Barat pun iya mendapatkan medali emas.

"Ini PON kedua yang saya ikuti. Kalau dibilang beban ya cukup beban, tapi tetap enjoy dan fokus serta mempersiapkan diri dengan baik," kata Ricky kelahiran Baturaja, 27 Desember 1996.

Menurut Ricky untuk atlet anggar ini sejak 2004-2016 selalu mendapatkan medali emas. Jadi sudah seperti tradisi, untuk itu tradisi ini harus diteruskan dan dipertahankan. 

Sebagai informasi di 2012 saat kejuaraan nasional (Kejurnas) di Jakarta dapat dua medali emas. Lalu di 2013 mendapatkan emas kadet, junior dan perak senior Kejurnas.

Kemudian di 2014 dapat emas junior dan perak senior. Di 2015 dapat emas pra PON dan perak di Sea Games. Lalu di 2019 pra PON dapat dua medali emas perorang dan beregu.

Ricky merupakan anak kelima dari lima bersaudara menceritakan, mulai latihan anggar sejak 2010. Kebetulan diperkenalkan anggar ini oleh kakak iparnya yang juga atlet Sumsel. 

"Kakak ipar saya namanya Joneska, atlet anggar juga. Pertama kali lihat anggar saya nggak tau apa-apa, lalu dikenali dan latihan kayak terlihat unik. Jadi saya dalami," ungkapnya.

Menurutnya, cara bermain anggar juga berbeda dari jenis olahraga lainnya. Jadi anggar ini kalau hanya sekedar lihat nggak bakal bisa dan tahu. Untuk itu harus didalami dan latihan.

"Jadi menurut saya anggar ini cukup menarik. Dari situ saya mendalami lagi latihan anggar ini. Semua olahraga sebenarnya susah nggak susah ya asal rajin latihan aja," cetusnya.

Menurut Ricky, untuk persiapan PON XX sudah disiapkan dengan baik. Untuk latihan Senin-Jumat di Gor Dempo, dua kali latihan dalam sehari yaitu pagi dan sore.

"Untuk jaga stamina agar tetap sehat meskipun di masa pandemi yaitu dengan tambahan suplemen yang diberikan ahli gizi dan disesuaikan saja dengan kebutuhan," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved