Breaking News:

Wawancara Eksklusif Tribun Sumsel

Ketum KORMI Hayono Isman: Fornas VI di Sumsel Terakbar, Ingin Kalahkan Rekor China di Palembang

Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terpilih menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2022.

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI
Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), Hayono Isman. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terpilih menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2022.

Untuk itu dilakukan Launching Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2022, dalam rangka peringatan hari olahraga nasional XXXVIII di Stadion Bumi Sriwija Palembang, Kamis (9/9/2021).

"Kami merasa mantap dengan persiapan penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2022 di Sumsel," kata Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), Hayono Isman.

Menurutnya, seharusnya Fornas diadakan tahun ini, tapi karena Covid-19 maka diundur 2022. Dari penjelasan Gubernur Sumsel semakin yakin bahwa Fornas VI di Sumsel ini akan jadi Fornas yang terakbar.

"Kenapa demikian? Karena berbagai kegiatannya luar biasa. Kenapa luar biasa? Karena pertamakalinya mengikuti sertakan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia sebagai peserta Fornas," ungkapnya.

Masih kata Hayono, jadi tidak hanya provinsi, termasuk Kabupaten/Kota ikut serta. Selain itu ada juga pengiat olahraga dari luar negeri, dari berbagai induk olahraga yang terhimpun di Formi.Misal yoga, yang akan ada peserta dari luar negeri. Kemudian sepeda BMX dan lain-lain. Lalu barongsai, ada juga kempo tradisional.

Induk kita ada 56, terdiri dari tiga kelompok besar. Pertama olahraga tradisional dan kreasi budaya seperti pencak silat budaya, karate tradisional, barongsai, panahan dan lain-lain.

Kelompok kedua yaitu olahraga kesehatan dan kebugaran ada yoga, senam jantung, perkusi untuk mencegah osteoporosis dan lain-lain.
Yang ketiga olahraga petualangan dan tantangan seperti panjat tebing, isport, off road dan lain-lain. Ketiga kelompok besar inilah yang akan jadi peserta aktif di Fornas VI. Pesertanya dari dalam dan luar negeri.

"Untuk pelaksanaan ada dua pilihan yang kami tawarkan yaitu bulan Juli 2022 saat liburan sekolah atau September 2022. Tadi berdasarkan perbincangan Juli 2022 lebih baik, karena liburan sekolah. Tapi ini masih kita dalami lagi dengan teman-teman yang lainnya. Karena Juli itu memang liburan sekolah dan bukan musim hujan, tapi waktunya agak singkat," katanya.

Lalu kenapa di pilih Sumsel untuk Fornas VI ini? Menurut Hayono, waktu itu dilakukan bidding, dari berbagai provinsi dan ternyata yang menang Sumsel. Jadi ini prosesnya melalui bidding. Sumsel yang terpilih menjadi tuan rumah Fornas VI. Ini dilakukan sebagai tindak lanjut daripada proses penentuan tuan rumah yang melalui bidding.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved