Breaking News:

Keindahan dan Cerita Legenda Asal Muasal Danau Teluk Gelam di Kabupaten Ogan Komering Ilir

Danau wisata Teluk Gelam yang berada di pinggir jalan lintas timur Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan luasan kawasan mencapai 250 hektar.

Penulis: Winando Davinchi | Editor: Prawira Maulana
IST
Lokasi objek wisata Danau Teluk Gelam. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG -- Danau wisata Teluk Gelam yang berada di pinggir jalan lintas timur Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan luasan kawasan mencapai 250 hektar.

Merupakan lokasi eks event nasional Jambore Nasional ke - IX di tahun 2011 dan Pekan Olahraga Nasional ke-16 pada tahun 2004 lalu.

Lokasi objek wisata Danau Teluk Gelam ini memiliki begitu banyak mitos di balik keindahannya.

Dikisahkan bahwa dahulu kala, tersebutlah sebuah kerajaan bernama Bayang-bayang. Kerajaan ini diperintah oleh seorang raja yang arif bergelar Mangkubumi. Raja memiliki seorang putra bernama Tapa Lanang.

Saat Tapa Lanang berusia 7 tahun ditinggal pergi ibunya, kesedihan dan kedukaan melanda negeri bayang-bayang. 

Namun kesedihan itu tak berlangsung lama karena sang Raja mempersungting seorang istri yang juga membawa anak seumur Tapa Lanang.

Lokasi objek wisata Danau Teluk Gelam.
Lokasi objek wisata Danau Teluk Gelam. (IST)

"Hari berganti hari tahun berganti tahun, Tapa lanang tumbuh dewasa dan menginjak umur 21 tahun. Kedua putra Raja Mangkubumi tumbuh dengan perangai dan perilaku yang berbeda," jelas Kabid Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten OKI, M. Kurniawan Siregar saat dikonfirmasi, Rabu (15/9/2021) siang.

Disampaikan lebih lanjut, suatu hari Mangkubumi bersikap kasar terhadap Tapa Lanang akibat perbuatan yang tidak di sengaja olehnya. Sehingga Tapa Lanang diusirnya dari kerajaan bayang-bayang.

Dalam pengembaraannya yang tidak tentu arah sampailah Tapa Lanang di sebuah talang, di sanalah ia beristirahat dan melihat sebuah gubuk dengan seorang gadis cantik yang berambut sangat panjang. 

"Gadis itu bernama Putri Gelam, seorang putri kayangan terkena tenung sehingga diusir dari kerajaan," 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved