Breaking News:

OKI Mandira

Kebut Kinerja Birokrasi, Bupati OKI Komitmen Terapkan Sistem Merit

Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE berkomitmen menerapkan sistem merit (merit system) secara objektif

Penulis: Winando Davinchi | Editor: Prawira Maulana
WINANDO
Bupati OKI melalui Sekretaris Daerah, H. Husin, S. Pd, MM pada acara akselerasi Penerapan Sistem Merit dalam Rangka Pemenuhan Rencana Aksi Korsupgah KPK Bidang SDM di ruang Setda OKI, Selasa (14/9/2021) pagi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG -- Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE berkomitmen menerapkan sistem merit (merit system) secara objektif dalam memanajemen birokrasi di Ogan Komering Ilir. 

Upaya ini dilakukan sebagai upaya mengakselerasi kinerja birokrasi di OKI untuk pencapaian visi misi Ogan Komering Ilir serta sebagai tindaklanjut rencana aksi korsupgah KPK bidang Sumber Daya Manusia (SDM). 

"Secara politis reformasi birokrasi telah menjadi prioritas utama Bupati dan Wakil Bupati OKI terpilih, yaitu Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Bersih dan Berwibawa," ungkap Bupati OKI melalui Sekretaris Daerah, H. Husin, S. Pd, MM pada acara akselerasi Penerapan Sistem Merit dalam Rangka Pemenuhan Rencana Aksi Korsupgah KPK Bidang SDM di ruang Setda OKI, Selasa (14/9/2021) pagi.

Husin mengatakan birokrasi merupakan lokomotif untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan melayani. 

“Kita ingin aparatur pemerintah di Ogan Komering Ilir di isi oleh ASN yang profesional terampil, melayani dan berkinerja baik. Birokrat yang bersih, jujur, bertanggungjawab, kredibel sebagai cerminan pemerintahan yang berwibawa," terangnya. 

Sistem merit terang Husin diharapkan dapat memicu perubahan mendasar manajemen ASN di Ogan Komering Ilir ke arah yang lebih baik, memiliki kualifikasi, berkinerja dan kompetitif. 

“Artinya ke depan mutasi, promosi, penggajian, penghargaan dan pengembangan karier pegawai didasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja pegawai. Strateginya melalui manajemen talenta," ujarnya. 

Pelaksanaan sistem merit di OKI diasistensi oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Salah satu penilaiannya adalah penggunaan instrumen talent management dalam melakukan rotasi, mutasi, maupun promosi. 

"Kami mengapresiasi Pemkab OKI yang telah memulai langkah baik dalam manajemen ASN. OKI bisa menjadi pilot project di Sumatera Selatan dalam manajemen talenta ASN," Ujar Asisten Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah I Mugi Syahriyadi, S. IP, MM. 

Penerapan sistem merit ujar Mugi untuk menjaga kualitas, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar serta bisa dipertanggungjawabkan proses pengusulan dan prestasinya. 
.
"Karena menggunakan berbagai indikator, termasuk peer review bawahan, atasan, dan kolega yang setara, juga dari kompetensi dan pendidikan," ucap dia. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved