Breaking News:

Pelayanan Publik di Sumsel

Syarat Donor Darah Menurut PMI, Juga Orang yang Tidak Boleh Jadi Pendonor

Ada beberapa syarat donor darah yang perlu dipatuhi, jika ingin menyumbangkan darahnya melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Penulis: Winando Davinchi | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/WINANDO DAVINCHI
Masyarakat yang melakukan donor darahdi gedung unit transfusi darah yang berlokasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG - Pendonor darah adalah orang yang memberikan sedikit darahnya secara sukarela untuk maksud dan tujuan transfusi darah bagi orang lain yang membutuhkan.

Ada beberapa syarat donor darah yang perlu dipatuhi, jika ingin menyumbangkan darahnya melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Bagi kamu yang baru pertama kali melakukan donor darah, tak ada salahnya untuk mengetahui syarat-syarat untuk menjadi pendonor darah.

Nah, berikut beberapa syaratnya menurut Sirni Lestari, Sekretaris PMI Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Ketika dikonfirmasi Tribunsumsel.com, Senin (13/9/2021), Sirni menyebutkan syarat yang harus dipenuhi pendonor yaitu harus keadaan sehat jasmani dan rohani.

"Pendonor diwajibkan berusia 17 sampai dengan 65 tahun, berat badan minimal 45 kilogram, untuk tekanan darah yaitu sistole 100 - 170 dan diastole 70 - 100,"

"Kadar hemoglobin (Protein yang berada di dalam sel darah merah) yakni Pro 12,5g persen hingga 17,0g persen," jelasnya.

Dikatakan lebih lanjut, waktu donor sebaiknya berselang minimal 12 minggu atau 3 bulan sejak donor darah sebelumnya (maksimal 5 kali dalam 2 tahun).

"Diimbau agar masyarakat selalu rutin mendonorkan darahnya karena manfaat yang kita dapat yaitu membuang darah kotor lalu digantikan dengan darah baru yang tentunya lebih sehat,"

"Jika rutin mendonorkan darah otomatis tensi darah akan normal, badan terasa ringan dan terhindar dari penyakit," ungkapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved