Breaking News:

Menuju Herd Immunity

Ibu MelahirkanTerpapar Covid-19 Tetap Boleh Berikan ASI, Khusus OTG dan Tanpa Gejala

Seorang ibu melahirkan terpapar Covid-19 tetap bisa memberikan air susu ibu (ASI) pada bayi yang baru dilahirkannya.

Penulis: Vanda Rosetiati | Editor: Vanda Rosetiati
TANGKAP LAYAR SUMSEL VIRTUAL FEST 2021
Dokter Spesialis Anak di RS Pusri Palembang dr Anies Mediressia, SpA (kiri) menjadi nara sumber Sumsel Virtual Fest " Penanganan Bayi Baru Lahir dari Ibu terkonfirmasi Covid-19, Senin (6/9/2021) lalu. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Seorang ibu melahirkan terpapar Covid-19 tetap bisa memberikan air susu ibu (ASI) pada bayi yang baru dilahirkannya. Syaratnya si ibu orang tanpa gejala (OTG) atau gejala ringan.

Teknis pemberian ASI bisa dilakukan langsung oleh si ibu jika memang dilakukan sendiri atau dengan bantuan tenaga kesehatan.

"Artinya ibunya stabil, bisa mengurus anak sendiri misal dengan dalam keadaan melahirkan normal. Jika sesar tentu juga dengan bantuan nakes," ungkap dr Anies Mediressia, SpA, dokter Spesialis Anak di RS Pusri Palembang.

Sedangkan Jika keadaan ibu sangat berat atau tak sadarkan diri bisa ASInya diperas dengan bantuan nakes. "Atau kalau memang parah bisa donor ASI atau pakai sufor," bebernya.

Untuk memastikan ibu pasca lahiran negatif bisa diulang lagi swabnya 7 sampai 10 hari saat awal masuk. " Atau 14 hari tanpa gejala bisa boleh pulang," jelasnya.

Namun, jika bayinya sehat dan negatif disarankan untuk pulang dan apalagi ada keluarga dirumah bisa mengurus gak harus menunggu ibunya.

"Untuk bayi kita ulang 2x24 jam dua kali negatif boleh pulang," jelas dia saat Sumsel Virtual Fest " Penanganan Bayi Baru Lahir dari Ibu terkonfirmasi Covid-19, Senin (6/9/2021) lalu.

Untuk penanganan bayi yang terkonfirmasi covid-19 bisa dirawat bersama dengan ibunya. Namun jika ibunya dengan gejala ringan atau tanpa gejala.

"Dan atau bayi pun boleh dibawa pulang atau dirawat dirumah asal si bayi juga dengan gejala ringan atau tanpa gejala," tuturnya.

Tetapi, untuk merawat sang bayi ini kata dia tak sembarangan harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved