Breaking News:

Menuju Herd Immunity

17 Kabupaten/Kota di Sumsel Zona Kuning, Epidemiolog: Harus Tambah Waspada, Vaksin Terus Upayakan

Epidemiolog Iche Andriany Liberty, menyikapi kondisi zona kuning ini masyarakat tak boleh terlena dan melakukan perayaan atas penurunan level zona.

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/JATI
Epidemiolog Universitas Sriwijaya, Dr Iche Andriany Liberty mengingatkan masyarakat justru harus waspada adanya sejumlah pelonggaran setelah 17 kabupaten/kota dinyatakan zona kuning Covid-19. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Seluruh kabupaten dan kota di Sumsel saat ini berada di zona kuning penyebaran Covid-19. Zona ini mengindikasikan tetap ada kasus baru namun jumlahnya hanya sedikit. Penularan atau transmisi kasus juga memiliki kemungkinan bisa terjadi.

Menurut epidemiolog Iche Andriany Liberty, menyikapi kondisi zona kuning ini masyarakat tak boleh terlena dan melakukan perayaan atas penurunan level zona.

"Masih harus tambah waspada karena berbagai sektor banyak yang dilonggarkan, sedangkan vaksin meski terus diupayakan tapi belum mencapai target," ujarnya, Sabtu (11/9/2021).

Menyikapi perbaikan zona ini diperlukan sinergitas 3T dan 5M dan penggencaran program vaksinasi dari pemerintah.

"Kendor sedikit bukan tidak mungkin meledak kembali," jelas Iche.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada 10 September lalu, pengoptimalan 3T (testing, tracing, treatment) di Sumsel berada di tingkat sedang hingga memadai.

Iche mengatakan, positivity rate Mingguan pada September ini cenderung turun yakni di anak 9,69 persen. Sementara itu, penelusurun kasus (tracing) cenderung meningkat dibanding akhir Juli dan awal Agustus lalu.

"Itulah jika tracing dan testing kompak dan maksimal dilakukn mulai tingkat nasional sampai kabupaten akan keliatan hasilnya sembari protokol kesehatan dan vaksin juga tetap dilakukan," kata dia.

Di Sumsel, Kota Palembang tercatat sebagai daerah yang melakukan pemeriksaan. Dari target 1.715 pemeriksaan dalam sepekan, telah dilakukan 19.400 pemeriksaan.

Di satu sisi, target pemeriksaan (testing) di beberapa kabupaten di Sumsel bak masih jauh panggang dari api. Misalnya saja, di Musi Rawas, Empat Lawang dan Musi Rawas Utara dari target sekitar 2.000 an orang yang diperiksa sesuai Instruksi Mendagri paling banyak hanya 40 orang yang diperiksa.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved