Breaking News:

Daftar Terbaru Jenis Ikan Dilindungi, Kepmen Kelautan dan Perikanan 1 Tahun 2021

Daftar Terbaru Jenis ikan Dilindungi Sesuai Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021

Penulis: Shinta Dwi Anggraini | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/AGUNG
Ikan Belida Sumatera (Chitala hypselonotus). Daftar Terbaru Jenis Ikan Dilindungi, Kepmen Kelautan dan Perikanan 1 Tahun 2021 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -Masuknya ikan Belida Sumatera (Chitala Hypselonotus) ke dalam daftar jenis ikan yang dilindungi penuh menjadikan pengusaha beralih bahan baku ke Ikan Putak. 

Memiliki nama latin Notopterus notopterus atau juga dikenal dengan nama Belida Jawa, ikan Putak disebut-sebut memiliki cita rasa yang hampir sama dengan Belida Sumatera. 

Hal ini menjadikan ikan Putak dianggap sebagai solusi setelah dikeluarkannya larangan menangkap, memperjualbelikan hingga mengolah ikan Belida Sumatera. 

Namun ternyata, Ikan juga termasuk ke dalam jenis ikan yang dilindungi penuh sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Jenis Ikan yang Dilindungi. 

Bagi masyarakat yang melanggar akan terancam dikenakan sanksi pidana Pasal 100 junto Pasal 7 ayat 2 huruf C Undang-undang RI Nomor 45 tahun 2009.

Tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 31 tahun 2004 Tentang Perikanan dengan denda maksimal Rp250 juta.

Sementara untuk pengepul atau penadah lalu mendistribusikan dikenakan sanksi pasal SIUP berupa Pasal 92 junto pasal 26 ayat 1 tentang perikanan dengan denda Rp 1,5 miliar. 

Jenis ikan Dilindungi Sesuai Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021:

1. Pari Sungai Tutul (Fluvitrygon oxyrhynchus)

2. Pari Sungai Raksasa (Urogymnus polylepis)

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved