Breaking News:

Berita Palembang

Terbang ke Bangka dan Belitung Boleh Tidak Pakai PCR, Berlaku Mulai Kemarin 8 September

Warga masyarakat yang ingin terbang ke Bangka dan Belitung tanpa harus menyertakan surat tanda negatif tes PCR.

Penulis: Hartati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/HARTATI
Pegawai Sriwijaya air tengah melayani penjualan tiket di kantor Sriwijaya Air, Kamis (9/9/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Warga masyarakat yang ingin terbang ke Bangka dan Belitung tanpa harus menyertakan surat tanda negatif tes PCR.

Kebijakan ini ditungkan dalam Surat Edaran Nomor 550 / 0617 / Dishub Tentang pengendalian Transportasi Bagi Pelaku Perjalanan Domestik di Wilayah PPKM Covid-19 Provinsi Bangka Belitung.

Surat Edaran yang diteken Gubernur Bangka Balitung Erzaldi Rosman pada 7 September 2021 ini jug amerujuk pada Instruksi Mendagri Nomor 39/2021 dan Instruksi Mendagri No 40/2021 tentang PPKM di Jawa Bali dan PPKM di wilayah di luar Jawa Bali.

Pada poin ketiga di edaran tersebut berbunyi, Pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) dengan moda transportasi udara ke dan di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menunjukkan surat keterangan hasil negatif antigen (H-1) dengan syarat sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua atau surat keterangan hasil negatif PCR (H-2) jika baru memperoleh vaksinasi dosis pertama.

Kepala Cabang Sriwijaya Air Yudo menyambut baik kebijakan ini karena bisa mempermudah calon penumpang yang akan terbang ke Bangka dan Belitung karena ada alternatif bagi masyarakat yang sudah vaksin ke dua tidak harus PCR karena boleh melampirkan surat negatif antigen saja.

"Belum terlihat antusiasnya karena kebijakan ini baru dikeluarkan kemarin jadi belum banyak yang tahu," kata Yudo, Kamis (9/9/2021).

Yudo berharap kebijakan ini bisa mendongkrak minat masyarakat yang akan terbang karena bisa terbang lebih hemat karena tidak harus tes PCR.

Baca juga: Program Makmur Berhasil Tingkatkan Produktivitas Panen Jagung Hingga 18 Persen

Selama ini dampak kebijakan wajib melampirkan tes PCR membuat minat penumpang turun dan keterisian seat hanya 40 persen.

Saat ini tiket pesawat tujuan Bangka dibandrol Rp 480 ribuan dan ke Belitung 725 ribuan.

Sriwijaya Air saat ini hanya terbang melayani satu rute saja yakni Bangka Belitung saja. Selain Sriwijaya Air maskapai Lion air juga terbang melayani rute Palembang-Bangka. 

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved