Breaking News:

Berita Muara Enim

Masyarakat Punya Hak Awasi Pemilu, 75 Elemen Warga di Muara Enim Ikuti Sosialisasi Bawaslu

Sekitar 75 peserta yang berasal dari berbagai elemen masyarakat Muara Enim mengikuti Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisiatif Tahun 2021.

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/ARDANI ZUHRI
Sekitar 75 perserta yang berasal dari berbagai elemen masyarakat Muara Enim mengikuti Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisiatif Tahun 2021. Kegiatan tersebut digelar oleh Bawaslu Muara Enim Gelar di Aula Sekolah Tinggi Serasan Muara Enim, Rabu (8/9/2021). 

TRIBUNSUMSEL, MUARA ENIM - Sekitar 75 peserta yang berasal dari berbagai elemen masyarakat Muara Enim mengikuti Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisiatif Tahun 2021. Kegiatan tersebut digelar Bawaslu Muara Enim Gelar di Aula Sekolah Tinggi Serasan Muara Enim, Rabu (8/9/2021).

Adapun kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel yang diwakili oleh anggota Komisioner Divisi Penyelesaian Sengketa Samsul Alwi SSos MSi dan dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Muara Enim Suprayitno SHi dan anggotanya, Ketua KPU Ahyaudin SE, para akdemisi PT, PC NU, PD Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah, HMI, GP Anshor,
Karang Taruna, STEBIS, Poltekes, STIE, STIH, STIT dan STI Tarbiyah.

"Kalau mau Pemilu mau bersih, jujur, adil, semuanya harus berintegritas, seperti penyelenggara harus menjaga integritasnya, tidak ada toleransi dengan yang namanya pelanggaran. Begitu pula proses dan hasil dari pemilu itu, harus berintegritas juga, termasuk partisipasi semua elemen maayarakat dalam hal pengawasan terutama hal money politic," ujar Samsul.
Adapun tujuan dari kegiatan sosialisasi ini, lanjut Samsul, setidaknya ada tiga hal penting yang harus diketahui masyarakat.

Pertama, memang ini telah di amanatkan oleh undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, bahwa peningkatan kapasitas peningkatan pengawasan partisipatif partisipasi masyarakat itu menjadi salah satu tugas dari pengawas pemilu di setiap tingkatan.

Kedua, Pemilu kita ini harus berkualitas salah satunya adalah memastikan agar masyarakat itu menyadari dan memahami bahwa ini adalah milik bersama bukan hanya milik Bawaslu, maka meruakan tugas bersama untuk menjaga dan mengawasinya agar Pemilu bersih dan lain sebagainya karena sistem pemilu yang kita anut adalah sistem demokrasi maka kedaulatan di tangan rakyat oleh karena itu sebagai pemilik tongkat rakyat maka pemilih harus memahami dan punya tanggung jawab pada pemilu nanti sehingga berjalan lancar demokratis dan berkualitas.

Terakhir, sambung Samsul adalah masyarakat itu adalah subjek dan objek. Jadi dia tidak boleh di intimidasi supaya tidak memilih atau diarahkan oleh seseorang atau dia memilih hanya karena iming-iming materi sebab dia bukan objek sebab pemilih yang menentukan sesuai dengan aspirasi rakyat yang berjalan atau sesuai dengan pilihan hati nurani masing-masing.

"Kegiatan ini memang diluar tahapan tahapan Pilkada, dan masih agak jauh dari Pemilu atau Pilkada. Namun kegiatan ini setiap sebelum Pemilu atau Pilkada kita lakukan dan seluruh tingkatan di provinsi dengan mengundang seluruh komponen masyarakat, organisasi apapun atau perorangan tokoh-tokoh masyarakat," tutupnya.

Baca juga: Begal Motor di OKI Dikejar Korban, Keluarkan Golok Tantang Berkelahi, Terjatuh Diringkus Polisi

Ditambahkan Ketua Bawaslu Muara Enim Suprayitno, bahwa sebentar lagi yakni awal tahun 2022, akan memasuki tahapan Pemilu. Dengan kegiatan ini, kita ingin membangkitkan dan menyemangati masyarakat dalam pengawasan partisipatif dalam Pemilu kedepan hingga seperti yang diharapkan.

"Kalau hanya kami Bawaslu hanya lima orang, di Kecamatan ada tiga orang itupun belum terbentuk saat ini," tukasnya.

Masih dikatakan Suprayitno, dalam kegiatan sosialisasi ini diikuit oleh 75 orang yang berasal dari mahasiswa, organisasi masyarakat dan tokoh masyarakat.
Kegiatan ini, akan berlanjut selama anggaran tersedia dan pesertanya akan menyasar ke perwakilan masyarakat lainnya.

"Perwakilan ini kami pilih dari organisasi agar bisa menyampaikan ke anggota yang lain," harapnya. (sp/ari)

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved