Breaking News:

Berita Palembang

Dinas Perkebunan Dorong Pengoptimalan Porang sebagai Tanaman Sela di Sumsel 

Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel mempertemukan petani, asosiasi petani dan perbankan untuk membantu permodalan petani dari bank daerah.

Editor: Yohanes Tri Nugroho
SRIPOKU/JATI
Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel mempertemukan petani, asosiasi petani dan perbankan untuk membantu permodalan petani dari bank daerah, Bank Sumsel Babel dalam rangka Mendorong pengoptimalan porang, Rabu (8/9/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG — Porang merupakan tanaman umbi-umbian yang tengah menjadi komoditas andalan Bernama latin Amorphophallus muelleri tanaman sela ini bernilai ekonomi tinggi. 

Oleh karena itu, untuk mendorong pengoptimalan porang Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel mempertemukan petani, asosiasi petani dan perbankan untuk membantu permodalan petani dari bank daerah, Bank Sumsel Babel. 

Kepala Dinas Perkebunan Sumsel, Agus Darwa, menyebutkan, perkebunan merupakan salah satu sektor yang tetap eksis dan bertahan serta  ada peningkatan di masa pandemi. 

Terlebih, saat ini ada potensi tambahan penghasilan bagi petani sawit dan karet di Sumsel dengan memanfaatkan lahan dengan tanaman porang. 

"Saya sangat tertarik dengan porang. Saya anjurkan petani besar manfaatkan tanaman sela tanaman porang. Ini domain perkebunan. Jika, di perkebunan harus dengan optimalisasi lahan," ujarnya pada rapat dengan petani dan asosiasi porang Sumsel, Rabu (8/9/2021).

Agus menambahkan, penyatuan pandangan dari petani, asosiasi petani, pakar pupuk, penjamin pasar, perbankan berfungsi untuk pengoptimalan porang mulai dari pembibitan sampai permodalan. 

Nantinya juga akan ada koperasi sekunder dan primer di masing-masing kabupaten dan kota untuk pengumpulan dan pemasaran porang. 

"Sehebat apapun produksi jika tidak ada jaminan pemasaran akan menyulitkan. Hukum supply and demand jika produksi berlebih harga akan anjlok," tambah dia. 

Hingga kini petani porang masih mengandalkan biaya mandiri untuk memulai usaha menanam porang. 

Wakil pemimpin cabang bidang operasional Bank Sumsel Babel Cabang A Rivai, Irwan Kurniawan, mengatakan, tersedia bantuan pembiayaan tanpa jaminan bagi petani yang ingin mengembangkan porang. 

Halaman
123
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved