Breaking News:

Berita Palembang

Bayi Lahir dari Ibu Terkonfirmasi Covid 19, Belum Tentu Tertular, Ini Penjelasan dr Anies

Dokter Spesialis Anak di RS Pusri Palembang dr Anies Mediressia, S.pA menjelaskan tentang Penanganan Bayi Baru Lahir dari Ibu Terkonfirmasi Covid-19

Penulis: Sri Hidayatun | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM
Dokter Spesialis Anak di RS Pusri Palembang dr Anies Mediressia, S.pA menjelaskan tentang Penanganan Bayi Baru Lahir dari Ibu Terkonfirmasi Covid-19 

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG-  Bayi yang terkonfirmasi covid-19 dari seorang ibu yang juga terkonfimasi covid-19 memang masih sedikit hanya sekitar 2 persen dari seluruh bayi yang lahir.

Hal ini diungkapkan oleh dr Anies Mediressia, S.pA, Dokter Spesialis Anak di RS Pusri Palembang dalam acara Sumsel Virtual Fest bertajuk "Penanganan Bayi Baru Lahir dari Ibu Terkonfirmasi Covid-19", Senin (6/9/2021).

"Bayi yang lahir dari ibu terkonfirmasi covid-19 ada dua kemungkinan yakni dia bisa terkonfirmasi atau tidak," jelas dia.

Dan proses terkonfirmasi bayi ini bisa saat masih dalam kandungan, proses persalinan dan juga bisa pasca melahirkan.

 "Ini bisa terkena dan juga tidak. Selama di RS Pusri saya juga sudah beberapa kali menangani hal seperti ini. Merawat ibu dan bayi yang terkonfirmasi," jelas dia.

Karena itu, sesuai SOP yang ada semua ibu yang akan melahirkan pun juga harus melakukan proses skrining.

"Dicek dulu apakah dia batuk, pilek, demam. Dan semua rumah sakit pasti mewajibkan itu untuk melakukan swab," tegas dia.

Dijelaskannya, untuk melakukan swab biasanya mendekati proses kelahiran atau jika melahirkan secara normal atau spontan juga tetap dilakukan swab atau rapid antigen.

" Jika di swab atau rapid ibu positif maka akan diisolasi mandiri dulu. Dan kita juga penanganan bayi ibu yang mau melahirkan dengan kasus terkonfirmasi juga ada SOPnya," jelas dia.

Lanjut dia, seperti memberitahukan dulu kepada tim kalau ada kasus terkonfirmasi. Kemudian menyiapkan ruangan khusus kalau dia lewat operasi sesar maka disiapkan ruangan khusus operasi. Dan sebaliknya jika normal juga disiapkan ruang persalinan normal.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved