Breaking News:

Angin Ribut di Banyuasin

26 Rumah Rusak Disapu Angin Ribut, Bupati Askolani: Segera Bangun Lagi, APBD Lama Prosesnya

Menurut Askolani, setelah  dilakukan pendataan ada 26 rumah yang mengalami rusak parah atau roboh, rusak sedang dan rusak ringan.

Penulis: M. Ardiansyah | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/ARDIANSYAH
Rumah Terdampak Angin Ribut di Desa Mukti Jaya Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin, Kamis (2/9/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN - Bupati Banyuasin H Askolani Jasi mengungkapkan, wilayah Muara Telang memang salah satu wilayah yang masuk dalam rawan bencana.

Hal ini, diungkapkannya setelah mengunjungi dan memberikan bantuan kepada warga yang menjadi korban sapuan angin ribut di Desa Mukti Jaya Kecamatan Muara Telang Kabupaten Banyuasin, Kamis (2/9/2021).

Menurut Askolani, setelah  dilakukan pendataan ada 26 rumah yang mengalami rusak parah atau roboh, rusak sedang dan rusak ringan.

Dari hasil pengecekan, pihaknya langsung meminta tim untuk bergotong royong untuk kembali memperbaiki rumah yang rusak.

"Yang paling utama itu, rumah yang roboh. Harus segera kembali dibangun, karena kalau tidak segera dibangun, maka akan lama menumpang di rumah tetangganya," ujar Askolani setelah mengecek langsung korban yang mengalami bencana angin ribut.

Seperti pembangunan rumah milik Susi dan Sadiman yang rata dengan tanah. Rumah ini, menurutnya harus segera dibangun karena bila tidak segera dibangun maka keluarga Sadiman akan semakin lama menumpang di rumah tetangganya.

"Melihat kondisinya langsung, ini memprihatinkan. Makanya, harus segera langsung dikerjakan. Saya sudah memerintahkan kecamatan dan desa, untuk kembali membangun rumah warga yang roboh," katanya.

Karena masuk salah satu wilayah yang rawan bencana terutama angin ribut, dari itu Askolani meminta kepada warga yang ada di Muara Telang untuk waspada.

Karena, bencana atau musibah yang datangnya dari alam tidak dapat diprediksi. 

Baca juga: Cerita Susi Selamatkan Diri Bersama 2 Anaknya, Keluar Dari Celah Rumah yang Terangkat Angin Ribut

Dari itulah, masyarakat yang ada di Muara Telang khususnya dan seluruh masyarakat di Banyuasin umumnya untuk waspada dengan kondisi perubahan cuaca saat ini.

"Kami ke sini bersama tim, juga memberikan bantuan berupa sembako dan juga peralatan mulai dari terpal, selimut, tikar dan lainnya. Untuk membangun rumah warga yang roboh, secara pribadi saya menyumbang. Ada juga dari BAZNAS, nantinya akan dicarikan bantuan lagi agar pembangunan dan perbaikan rumah warga bisa segera rampung. Kalau mengandalkan APBD, lama prosesnya. Makanya, lebih baik bergotong royong agar lebih cepat," pungkasnya. 
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved