Breaking News:

Pertamina Imbau Masyarakat Membeli LPG 3 Kg Bersubsidi di Pangkalan Resmi Sesuai HET

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel menghimbau agar masyarakat

Editor: Prawira Maulana
PERTAMINA
Pangkalan LPG. 

TRIBUNSUMSEL.COM - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel menghimbau agar masyarakat selalu membeli LPG 3 Kg Bersubsidi di Pangkalan resmi dengan harga sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Hal ini terungkap dalam kegiatan Inspeksi Mendadak (SIDAK) ke sejumlah Pangkalan di Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara dan wilayah sekitarnya, Senin (30/8).

Kegiatan SIDAK ini langsung dipimpin oleh Sales Branch Manager (SBM) Rayon IV Sumsel Babel, Ahad Jabbar Syaifullah dan tim.

"Untuk memastikan harga sesuai dengan HET, kami melakukan pengecekan ke sejumlah Pangkalan," ujar Ahad.

Ahad menghimbau  agar masyarakat melakukan pembelian di Pangkalan resmi sehingga bisa memperoleh tabung LPG Subsidi 3 Kg dengan harga sesuai yang telah ditetapkan, untuk HET di Muratara yaitu sebesar Rp. 18.050,- per tabung.

Sebagai jalur distribusi resmi Pertamina, pangkalan selalu dimonitor untuk stok serta penjualannya. Untuk ketersediaan LPG di Kabupaten Muratara sendiri, disalurkan melalui 2 Agen LPG PSO dan 87 Pangkalan resmi yang melayani kebutuhan masyarakat, Pertamina akan terus melakukan pemantauan untuk stok dan penyalurannya. 

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Umar Ibnu Hasan mengungkapkan, kegiatan SIDAK ini digencarkan Pertamina agar penyaluran LPG Subsidi 3 Kg tepat sasaran dengan harga sesuai HET, sambil terus mengedukasi masyarakat agar tidak melakukan pembelian secara berlebihan.

Sesuai dengan peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penyaluran dan Pendistribusian LPG, bahwa fungsi pengawasan Pertamina sebagai badan usaha yang ditunjuk untuk menyalurkan LPG Bersubsidi, adalah mulai dari Agen hingga Pangkalan. Artinya, titik terakhir pendistribusian adalah di Pangkalan, bukan di pengecer atau warung.

“Memang masyarakat kami arahkan untuk membeli LPG Subsidi 3 Kg di Pangkalan terdekat karena kami pastikan stok di pangkalan masih tersedia tanpa harus melakukan pembelian dengan jumlah besar. Selain itu, di pangkalan kami pastikan harganya sesuai dengan HET yang ditentukan Pemerintah Daerah,” tambah Umar.

Ciri-ciri pangkalan LPG resmi Pertamina adalah adanya plang warna hijau yang mencantumkan nama pangkalan, nomor registrasi pangkalan, menyebutkan HET, serta menyebutkan kontak pangkalan serta _Call Center_ Pertamina 135. 

Pertamina melakukan SIDAK ke Pangkalan secara berkala. "Ini untuk mengantisipasi agar LPG 3 Kg Bersubsidi sesuai dengan peruntukannya dan tentunya berdasarkan harga sesuai HET,” tutup Umar.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved