Breaking News:

Berita Lubuklinggau

Tempat Vaksin ke 1 dan 2 di Lubuklinggau, Dinkes Ungkap Capaian Vaksinasi Terbaru

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau Cikwi menyampaikan jadwal vaksin ke 1 dan Vaksin ke 2 di Lubuklinggau terbaru.

Penulis: Eko Hepronis | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/EKO
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau Cikwi menyampaikan tempat vaksin ke 1 dan ke 2 di Lubuklinggau dan update capaian vaksinasi. 

Laporan wartawan Tribunsumsel.com, Eko Hepronis

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU --Baru 13 orang ibu hamil di Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan (Sumsel) menjalani vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau Cikwi menyampaikan rendahnya capaian vaksin ibu hamil ini karena kemarin baru tahapan launching.

"Untuk ibu hamil yang divaksin baru 13 orang, kemarin bagian dari lounching saja dari Perkumpulan Obstetri dan Genekologi Indonesia (POGI) untuk umum belum ada," kata Cikwi pada wartawan, Minggu (29/8/2021).

Cikwi menyampaikan, belum dibukanya vaksinasi masal untuk ibu hamil ini karena pihaknya belum ada petunjuk Standar Operasional Prosedur (SOP) ditambah jumlah vaksin di Kota Lubuklinggau terbatas.

"Ditambah sekarang belum ada vaksinnya, karena yang tersisa vaksin di Lubuklinggau ini milik TNI dan Polri," ungkapnya.

Sedangkan, untuk tenaga kesehatan (Nakes) selama dua pekan ini Dinkes sudah melakukan penyuntikan dosis 3 untuk moderna sejumlah 1.177 atau 63.66 persen dosis dari target 1980 nakes.

"Jadi total capaian kita yang sudah kita terima 73.290 dosis yang sudah kita pakai 63.712 dosis," ujarnya.

Lalu untuk masyarakat Lubuklinggau yang ingin melakukan vaksin dosis 1 bisa mendatangi urusan kesehatan (Urkes) Polres Lubuklinggau dan RS DKT Kodim 0406 Lubuklinggau.

"Sementara fasilitas pelayanan kesehatan lainnya seperti RS Ar Bunda, RS Siloam dan 10 Puskesmas lainnya hanya fokus kepada dosis II," ujarnya.

Selanjutnya, dalam waktu dekat saat ini Pemkot Lubuklinggau tetap akan melayani dosis Moderna 1 dan Moderna 2 untuk masyarakat umum dan mahasiswa sebagaimana famplet yang telah disebar.

"Jadi hingga saat ini kita melakukan vaksin sesuai dengan jumlah vaksin yang diberikan pemerintah, apabila vaksin datang lagi akan langsung kita suntikkan," ungkapnya.

Baca juga: Peserta SKD CPNS Langsung Digugurkan, Bila Terbukti Palsukan Hasil PCR atau Swab Antigen

Ia pun berharap semoga capaian vaksin di Kota Lubuklinggau cepat terealisasi dan bisa cepat terlaksana, sehingga capaian herd imunnity di Kota Lubuklinggau bisa tercapai.

"Masyarakat tidak usah takut, karena dampak vaksin dari Moderna ini memang banyak menimbulkan gejala-gejala yang timbul, karena kita sudah melakukan dosis 1 dan dosis II sehingga pertanahan di dalam tubuh menimbulkan reaksi," ujarnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved