Breaking News:

Berita Polres Ogan Ilir

Kapolsek, Danramil dan Camat Rembukan, Penambangan Pasir di Sungai Ogan Dihentikan Sementara

Disepakati bahwa unsur Tripika secara bersama akan mendata usaha tambang pasir di wilayah Pemulutan. 

Editor: Yohanes Tri Nugroho
Polres Ogan Ilir
Kapolsek Pemulutan, Iptu Iklil Alanuari (dua dari kanan) saat menghadiri rapat koordinasi penertiban penambangan pasir ilegal, Rabu (25/8/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, INDRALAYA - Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) dari Bupati Ogan Ilir No : 660 / 547 / II / DLHP / 2021 Tanggal 10 Agustus 2021.

Dan berdasarkan STR dari Kapolres Ogan Ilir No : STR / 150 / VIII / Huk 12.17 / 2021 tanggal 12 Agustus 2021, Polsek Pemulutan menempuh langkah aktivitas penambangan pasir di Sungai Ogan tak berdampak pada kerusakan lingkungan. 

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Yusantiyo Sandhy melalui Kapolsek Pemulutan Iptu Iklil Alanuari, menggelar rapat bersama unsur TNI dan pemerintahan. 

Hasilnya, disepakati bahwa unsur Tripika secara bersama akan mendata usaha tambang pasir di wilayah Pemulutan. 

"Ini akan kita data dulu mana usaha tambang pasir yang memiliki izin dan mana yang belum," kata Iklil melalui rilis yang diterima TribunSumsel.com, Rabu (25/8/2021). 

Untuk sementara waktu, kegiatan usaha penambangan galian C berupa pasir dihentikan sambil menunggu proses pengurusan surat izin dari pemerintah pusat khususnya kementerian terkait. 

Apabila masih ada tambang pasir ilegal beroperasi, kata Iklil, risiko ditanggung masing-masing pemilik usaha penambangan tersebut.

"Makanya saat ini tetap dilakukan koordinasi terhadap pemerintah setempat dalam hal penerbitan surat izin maupun pengawasan kegiatan penambangan," kata Iklil. 

Sehari sebelumnya, penindakan tambang pasir dilakukan oleh Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy didampingi Kasat Samapta AKP Mujamik Harun dan Wakapolsek Tanjung Raja Iptu M. Yunus, beserta personel lainnya dan unsur pemerintahan Kecamatan Sungai Pinang. 

Saat tiba di Desa Sungai Pinang II, rombongan Polres Ogan Ilir sempat mendapat tentangan dari seorang warga saat mengetahui akan ada penertiban aktivitas penambangan. 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved