Breaking News:

Tingkatkan Kinerja, PLN UP2D S2JB Berkomitmen Siapkan Fasilitas Operasi Andal dengan Sistem FDIR

Mempersempit luas area gangguan yang terjadi. Salah satu cara untuk mempersempit luas area gangguan yang terjadi adalah menggunakan sistem FDIR.

Editor: Vanda Rosetiati
HUMAS PLN
PLN UP2D S2JB komitmen menyiapkan Fasilitas Operasi Andal dengan Sistem FDIR. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Dalam peningkatan keandalan sistem distribusi dan kontinuitas penyaluran tenaga listrik, diperlukan cara penilaian terhadap mutu dan keandalan pelayanan.

Keandalan sistem distribusi dapat diperoleh dengan memakai konfigurasi jaringan yang tepat, pemeliharaan rutin, serta mempersempit luas area gangguan yang terjadi. Salah satu cara untuk mempersempit luas area gangguan yang terjadi adalah dengan menggunakan sistem FDIR.

Fault, Detection, Insulation, and Restoration (FDIR) adalah sistem otomasi jaringan distribusi yang secara otomatis akan mendeteksi gangguan, melakukan isolasi daerah gangguan dan melakukan manuver jaringan dengan membuka dan menutup Circuit Breaker (CB) / Load Break Switch (LBS). FDIR merupakan salah satu metode otomasi peralalatan switching pada jaringan distribusi untuk meningkatkan keandalan penyaluran.

PLN UP2D S2JB khususnya Tim Fasilitas Operasi dan Tim Pemeliharaan terus melakukan pemeliharaan serta memastikan kesiapan fasilitas teknis pada titik – titik jaringan yang disiapkan untuk pengoperasian sistem FDIR. Saat ini sudah ada 24 (dua puluh empat) sistem FDIR yang berhasil di operasikan PLN untuk meningkatkan keandalan jaringan listrik di wilayah kerja Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu.

Pemasangan FDIR pada sistem kelistrikan ini dilakukan dengan harapan dapat mempersempit daerah gangguan dan mempercepat penormalan daerah yang tidak berdampak sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved