Breaking News:

Polres OI Adakan Pembekalan Konseling Psikologi Kepada Atasan Pegawai Negeri pada Polri

Polres Ogan Ilir melakasanakan kegiatan pembekalan konseling psikologi kepada atasan pegawai negeri pada Polri.

Penulis: Agung Dwipayana | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/AGUNG DWIPAYANA
Kasubbag Psipers Bag Psikologi Ro SDM Polda Sumatera Selatan, Kompol Jarot Budi Purnomo didampingi Wakapolres Ogan Ilir, Kompol Hardiman saat memberikan pembekalan konseling psikologi kepada atasan pegawai negeri pada Polri, Kamis (19/8/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, INDRALAYA - Polres Ogan Ilir melakasanakan kegiatan pembekalan konseling psikologi kepada atasan pegawai negeri pada Polri dipimpin Kasubbag Psipers Bag Psikologi Ro SDM Polda Sumatera Selatan, Kompol Jarot Budi Purnomo.

Pada kesempatan ini, Jarot didampingi Wakapolres Ogan Ilir, Kompol Hardiman.

Jarot memberikan materi tentang pembekalan bagi atasan untuk personel yang melakukan pelanggaran, dilanjutkan pengisian VAK Questionnaire kepada atasan baik Kabag, Kasat dan Kapolsek.

Dijelaskan, psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang jiwa atau psikis manusia sehingga dalam setiap kehidupan manusia maka psikologi berusaha untuk menjelaskan tentang masalah yang dihadapi.

"Pada operasi kepolisian, psikologi dimanfaatkan dalam pengembangan teknologi interogasi, pengendalian lalu lintas dan bimbingan masyarakat," jelas Jarot saat memberikan materi psikologi di Aula Panaluan Mapolres Ogan Ilir, Kamis (19/8/2021).

Dalam organisasi kepolisian, kata Jarot, psikologi dimanfaatkan untuk mendukung manajemen dan membantu mengatasi masalah-masalah personel Polri.

Masalah-masalah pribadi sebagai dampak dari tugas kepolisian dan penanggulangan stres pada petugas kepolisian.

"Hal ini juga berlaku untuk mengatasi masalah personel di Polres Ogan Ilir," ucap Jarot.

Terkait demikian, kebijakan yang mendasari penerapan program pembinaan psikologi tertuang dalam Peraturan AS SDM Kapolri Nomor 2 Tahun 2016 tentang pelayanan konseling bagi pegawai negeri khusunya Polri.

Pembinaan psikologi merupakan serangkaian kegiatan bimbingan dalam usaha untuk membantu personel mengatasi masalah psikologinya yang meliputi aktivitas preventif, kuratif, rehabilitatif dan pengembangan potensi dengan menggunakan prosedur yang relevan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved