Breaking News:

Berita Palembang

Lepas Ekspor Produk Pertanian Senilai Rp138 Milyar, Herman Deru Dorong Pengembangan Porang

Gubernur Sumsel Herman Deru melepas ekspor produk pertanian senilai Rp138 milyar ke 11 negara di pelabuhan Boom Baru Palembang, Sabtu (14/8/2021).

Editor: Yohanes Tri Nugroho
Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumsel Herman Deru melepas ekspor produk pertanian senilai Rp138 milyar ke 11 negara di pelabuhan Boom Baru Palembang, Sabtu (14/8/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sebagai salah satu daerah pertanian di Indonesia, provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ambil bagian melakukan ekspor produk-produk hasil pertanian ke sejumlah negara dalam program Merdeka Ekspor yang digagas Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dimana Sumsel, melakukan ekspor produk pertanian senilai Rp138 milyar ke 11 negara di dunia melaluipelabuhan Boom Baru Palembang, Sabtu (14/8/2021).

"Yang kita ekspor bukan produk pertanian yang masih mentah, tapi produk pertanian yang sudah dibuat produk turunannya dalam bentuk jadi dan bisa dijadikan bahan baku untuk pembuatan produk lainnya. Seperti karet, sawit, kopi dan lainnya yang kita ekspor," kata Herman Deru.

Dia mengungkapkan, perkembangan komoditas pertanian tersebut tak lepas dari peran para petani yang terus semangat kendati di tengah pandemi covid-19 saat ini.

"Tentu kita apresiasi juga bupati dan walikota yang telah menumbuh kembangkan semangat para petani karena di saat pandemi ini, kerja kolaborasi ini membuat ekonomi Sumsel tetap bisa tumbuh. Hal ini karena sektor pertanian ini," terangnya.

Bahkan, dia menyebut, ekonomi di Sumsel saat ini tumbuh di atas rata-rata provinsi lainnya.

"Ini karena kita tetap produktif. Komoditas pertanian di Sumsel ini mampu mendukung pertumbuhan ekonomi," paparnya.

Dia meminta, semua pihak termasuk para petani, untuk terus semangat dan menjadikan ekspor tersebut sebagai acuan untuk mengembangkan komoditas pertanian.

"Kita tidak boleh langsung merasa puas. Komoditas pertanian ini harus terus dikembangkan dan ditingkatkan sehingga pertanian ini menjadi icon Sumsel," ujarnya.

Termasuk dalam menghadapi permasalahan di sektor pertanian. Dimana persoalan teknologi menjadi salah satu kendala yang kerap dihadapi para petani.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved